Kuliner Kepala Kambing Bakar Yang Legendaris Yang Berasal Dari Kota Tegal

WisataKuliner,Bandung Jika Anda berencana untuk mengunjungi kota Tegal dalam waktu dekat, cobalah salah satu kota kuliner legendaris dari kota maritim ini. Bagi pecinta kambing olahan, cicipi kuliner kepala kambing bakar, legendaris di kota Tegal.Ini termasuk Darti Bu, kepala kambing Warung, yang berada di kompleks pasar malam kota Tegal. Lokasi hanya beberapa meter dari Stasiun Kota Tegal.

Toko, yang dibangun sekitar tahun 1956, kini telah diteruskan ke generasi ketiga, Ade (32), cucu dari pemilik stan. “Ini sudah generasi ketiga, Mbah Radem dulu mengunjungi ibuku, Darti, dan sekarang aku mengejar,” ujar Ade, dikutip WisataKuliner.Org

Dalam sehari, toko yang dibuka dalam waktu satu jam 16: 00-22: 00, WIB mampu memesan 30 hingga 40 ekor kambing. “Kalau hari libur lebaran bisa dihitung 70 kambing,” katanya.

Sementara itu, sebagian kepala kambing panggang dijual dengan harga hanya 30.000 hingga 120.000 per porsi. Kekhasan rasa terletak pada kenyataan bahwa sebelum dibakar, kepala kambing direbus terlebih dahulu dengan berbagai bumbu sehingga rasanya lebih terintegrasi.

“Jika seseorang memesan Anda, kami akan menggunakan arang, yang kemudian akan dituangkan dengan saus kedelai seperti saus sate kambing,” katanya yang di wawancari Wisatakuliner.org

Sekalipun dudukannya hanya kecil, itu tidak berarti bahwa dudukannya kosong dari pembeli. Pelanggan yang terlihat menunggu giliran mereka secara bergantian. Salah satunya adalah Sunarsi (60), warga Desa Sumurpanggang di Kota Tegal, yang telah menjadi pelanggan setia kambing warung Darti selama dua tahun. Dia mengatakan dia lebih suka kepala yang berubah menjadi daging. “Kalau dagingnya biasa, kepalanya tidak normal,” katanya.