Oleh-oleh Cemilan Keripik Kekinian Dari Kota Purwakarta Yang Wajib Dicoba

Wisatakuliner.Org,Bandung— Melinjo adalah buah yang secara umum diolah menjadi penambah sayuran seperti sayuran asam. Namun di tangan Rini Juniawati, kulit buah yang rasanya pahit diubah menjadi camilan yang merusak lidah dan membawa makanan bagi para pengrajin.

Ini dilakukan oleh warga Kampung Cihideung, Desa Mulya Mekar, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta. Rini telah memperlakukan semangat melinjo sebagai cemilan yang bernilai ekonomis sejak 2016.

http://www.wisatakuliner.org

Berjalan selama dua tahun juga memiliki kekosongan, dan itu tidak berlanjut sampai 2019. Kendalanya adalah bahan baku sulit di samping kegiatan lain, “kata Rini.

Dia mengubah kulit melinjo menjadi token yang disebut “kutang token”. Arti kata kutang itu sendiri adalah singkatan dari “skin chips” dari Tangkil (melinjo skin). Kata kutang dipilih karena unik dan tampaknya menarik perhatian.

Ternyata chip kutang Rini baru-baru ini memenangkan tempat ketiga dalam kategori produk inovatif di pameran koperasi di Bandung. Rini juga mengklaim bahwa sejauh ini merupakan satu-satunya produk di Jawa Barat.

Keripik Kutang ini juga akan dipamerkan dalam perayaan hari pangan dunia di Kendari,” ujar Rini yang dikutip Wisatakuliner.Org , SeninĀ  (02/09).

Inspirasi mengolah keripik kulit melinjo ini berawal dari tetangga yang membuat tumis melinjo. Ia lantas mengembangkannya menjadi keripik kutang.