4 Kuliner Utama Orang Dayak Jika Ingin Ke Sana Yang Wajib Dicoba

Wisatakuliner.org, Dayak– Diketahui bahwa Sebentar lagi ibu kota jakarta akan segera pindah ke kalimantan,mengenai hal tersebut bahwa tidak semua orang tahu bahwa kuliner khas dayak yang bisa menjadi alternatif kuliner yang banyak akan masakkan yang khas dari orang kalimatan tersebut. Dengan masih banyaknya hutan, membuat kuliner Dayak sangat kaya dengan aneka vegetasi hijau.

Bahwa orang rupanya hebat dalam mengolah masakan sayuran dengan rempah rempah yang sangat khas dari kalimatan sehingga kuliner mereka sangat sulit di temukan di karena tidak sembarangan orang yang bisa mengolah makanan dan tidak sembarangan rempah-rempah yang bisa di jadikan olahan makanan.

Ini beberapa 4 kuliner orang Dayak Yang Wajib Dicoba :

http://www.wisatakuliner.org

*-. Juhu umbut rotan dari rotan muda

Juhu umbut rotan, olahan sayur khas Kalimantan Timur ini memiliki tekstur serupa sayur rebung. Bahan dasarnya adalah rotan muda sehingga tak mengherankan jika mirip rebung atau bambu muda.Tekstur olahan ini lebih lembut dari rebung dan berasal umbut. Umbut adalah istilah untuk menyebut tunas tanaman rotan muda.

*-. Tumis kelakai

Kelakai adalah tanaman sejenis pakis. Tepatnya masuk keluarga paku-pakuan. Bahan masakan ini mudah ditemukan tumbuh di sepanjang rawa Kalimantan. Oleh masyarakat setempat, kelakai kerap diolah menjadi bahan tumisan maupun sup. Cita rasanya yang gurih, teman santap yang sempurna bersama nasi hangat dan aneka lauk.

*-. Juhu kujang

Bersama kelindan daging ikan, santan kelapa dan nangka muda, kuliner berbahan utama keladi ini merupakan salah satu olahan sayur favorit masyarakat Kalimantan Tengah.

*-. Kalumpe

Menggunakan bahan utama daun singkong, olahan sayur khas Kalimantan Tengah ini kian sedap disantap bersama ikan asin dan nasi hangat. Makanan tradisional khas suku Dayak ini juga kerap disajikan bersama terong pipit.

Sebelum ibu kota baru akan benar-benar pindah sebaik para pecinta kuliner indonesia silakan mencoba kuliner yang seperti di atas,di jamin tidak akan menyesal jika sudah memakan nya dan akan tambah makan terus sehingga para pecinta kuliner akan betah ke jika ada wisata ke kota kalimantan untuk mencoba memakan khas orang Dayak tersebut.