Mencicipi 7 Kuliner Khas Manado Yang Dijamin Bikin Anda Ketagihan

Wisatakuliner.org, Manado – Manado terkenal memiliki objek wisata yang sangat indah. Karena itu, banyak sekali para pengunjung wisatawan baik luar negeri maupun dalam negeri yang datang ke kota Manado ini. Saat anda mendengar kata kota Manado, mungkin yang terlintas dalam pikiran anda adalah tentang taman laut Bunaken dan Monumen Yesus Memberkati, sebagai salah satu objek wisata paling iconic di Manado.

Akan tetapi dari sekian banyaknya hal yang dicari –cari, anda wajib mencoba kuliner khas Manado yang dijamin akan membuat anda ketagihan. Berikut 7 makanan khas Manado yang harus anda cicipi saat anda berkunjung ke Manado.

1. Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan atau bisa disebut juga sebagai bubur Manado merupakan makanan khas asli Manado yang tidak hanya terkenal di Manado, akan tetapi juga terkenal hingga sampai seluruh Indonesia.

Makanan ini juga sering disebut sebagai makanan yang sangat lezat karena komposisinya yang mengandung banyak bahan sayur dan zat yang baik dan berguna untuk tubuh. Biasanya Tinutuan disajikan bersama ikan, sambal, aneka gorengan, dan pelengkap lainnya.

2. Cakalang Fufu Saos

Cakalang fufu merupakan ikan khas Manado yang juga sangat enak. Cakalang juga diketahui ikan yang tidak hanya enak saja, akan tetapi juga sangat banyak manfaat bagi tubuh kita. Kandungan dalam ikan cakalang diketahui mampu untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdahan serta membantu pemulihan depresi. Cakalang saos ini merupakan makanan khas Manado yang memiliki cita rasa pedas dan kaya akan bumbu. Saos yang dicampur ini hampir mirip dengan bumbu balado.

3. Ikan Woku

Makanan yang satu ini juga sangat kaya akan bumbu rempah – rempahnya. Biasanya, woku ini bisa dimasak dengan berbagai jenis ikan sesuai dengan selera anda. jenis ikan yang sering dipakai dalam membuat masakan ini adalah cakalang, tuna, dan mujair. Rasa bumbu woku sangat kaya akan rempahnya seperti daun lemon, kemangi, sereh, kunyit, dan lain – lain sehingga anda bakal akan ketagihan.

4. Sambal Roa

Banyak beragam sambal yang ada diIndonesia, sambal roa merupakan sambal khas Manado yang paling terkenal dan laris dijual. Biasanya sambal roa dihidangkan dengan berbagai macam makanan ataupun gorengan. Bahkan ada banyak orang juga yang memakannya dengan cara mencampurkannya dengan seporsi nasi panas.

Sambal roa sendiri itu terbuat dari ikan roa yang telah diasap dan dijemur hinga berhari – hari sampai menjadi kering, kemudian ikan roa tersebut dihaluskan dan dicampur dengan bumbu sambal racikan khas manado. Pastinya anda akan susak lupa sama kota manado.

5. Pisang Goroho Goreng

Mungkin anda banyak menjumpai pisang goreng pada umumnya dipotong seperti jari dan di lumuri oleh tepung dan di goreng, akan tetapi anda hanya bisa menemukan pisang goreng dari pisang sejenis goroho yang berasal dari manado. Pisang goroho memiliki rasa yang sangat enak.

Pisang ini digoreng dengan irisan yang tipis hingga sangat gurih dan renyah saat anda memakannya. Anda juga bisa makan pisang tersebut dengan mencelupkannya kedalam sambal roa atau sejenis sambal lainnya. Akan lebih nikmat jika anda menikmati pisang goroho ini bersama dengan segelas kopi dan teh.

6. Klapertart

Makanan yang satu ini merupakan makanan sejenis dessert yang terkenal khas Manado. Bahan dasar dari klapertart ini adalah kelapa muda yang masih segar dan kemudian dicampur dengan kismis, keju, kenari dan bahan adonan lainnya. Tekstur dari klapertart ini sangat kental dan memiliki cita rasa yang creamy yang mampu membuat anda menjadi ketagihan.

7. Gohu

Gohu merupakan sejenis asinan buah yang sangat digemari oleh orang manado. Gohu dibuat dengan buah papaya muda, timun, ataupun nenas dan dicampurkan kedalam campuran air, lemon atau cuka, cabe rawit, gula merah, jahe, dan garam secukupnya. Akan menjadi lebih nikmat jika anda menyantapnya dalam keadaan dingin. Biasanya, banyak tempat wisata yang menyediakan aneka asinan baik itu dingin ataupun biasa saja.

Inilah 7 kuliner yang harus anda coba saat berkunjung ke Manado.