Wisatakuliner Bali Yang Membuat Turis Ketagihan Untuk Mencoba

Wisatakuliner.Org, BALI– Ayam betutu merupakan satu hidangan khas dari Pulau Dewata. Rasanya yang pedas dan gurih membuat banyak orang ketagihan. Chef De Cuisine, Kayuputi Restaurant, St. Regis Bali Resto Ketut Gunatika mengatakan di retorannya ayam betutu jadi hidangan khas Bali paling digemari turis asing.

http://www.wisatakuliner.org

Hidangan ayam betutu ini memiliki cita rasa yang pedas karena dilumuri oleh cabai di seluruh bagian ayam. Chef Ketut membagikan rahasia dari ayam betutu olahannya yang akhirnya dapat diterima bahkan digemari oleh wisatawan mancanegara. “Ayam betutu, memang pedas. Tapi kalau untuk tamu (wisatawan mancanegara) memang sambal dan cabainya kami kurangi. Biasanya kami kalau menghidangkan sambalnya dipisah dari ayamnya,” jelas Ketut saat ditemui Wisatakuliner.org dalam acara Wine Dinner, The Hermitage Jakarta, Minggu (15/09).

Ia menjalaskan biasanya ayam betutu olahannya sengaja dipisahkan dengan sambal. Hal ini  agar para turis dapat menentukan kepedesan sesuai selera sendiri. Ketut juga memberi kiat untuk memasak ayam betutu khas Bali. Dimulai dari bumbu basah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam, kencur, jahe yang dicampur kemiri agar semakin gurih.

Semua bumbu tadi kita haluskan lalu kita masak, tumis sampai wangi sampai keluar aromanya, setelah itu angkat bumbu tadi, balurkan ke seluruh ayamnya, lalu ayamnya pakai ayam kampung, yang kecil tapi dagingnya gurih,” kata Ketut.

Ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi lantas dibungkus dengan daun pisang agar aromanya semakin keluar saat dipanggang.  dipanggang. Ketut menekankan ada berbagai versi bumbu dan teknik untuk memasak ayam betutu. Namun yang paling penting dalam bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, dan cabai.

“Ada orang yang biasanya dibakar dulu ayamnya lalu dilumuri bumbu lalu dikukus, banyak langkahnya. Namun bumbu yang wajib ya bawang merah, bawang putih cabe dan dilumurkan ke ayam itu sudah pasti,” ujar Ketut.