Makanan Zaman Dulu Yang Susah Ditemui Sekarang Ini

wisatakuliner.org, Java – Diindonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sangat banyak warisan dan budayanya. Salah satunya adalah beragam makanan tradisional yang banyak di berbagai daerah Indonesia. Masing masing daerah pastinya memiliki makanan tradisional tersendiri. Sewaktu masih kecil tentunya kita sering makan makanan yang anda sukai dengan ciri khas yang sangat enak. Akan tetapi tidak selamanya makanan yang anda sukai itu masih ada, tidak hanya satwa saja yang mulai langka, bahkan makanan juga bisa langka. Inilah beberapa makanan zaman dulu yang saat ini sangat sulit ditemukan.

1. Gulo Puan

Gulo puan merupakan makanan khas asal Palembang, memiliki rasa yang sangat manis karena terbuat dari susu kerbau dan gula pasir. Pada tempo dulu gulo puan hanya disuguhkan oleh para raja. Dan pada zaman modern yang sudah berkembang jauh ini, makanan ini sudahlah sangat sulit untuk ditemukan, hal utama ini karenakan penyebab makanan ini mulai menghilang karena susu kerbau yang menjadi bahan utama dalam pembuatannya. Sangat sulitnya mendapatkan susu kerbau menjadikan makanan ini menjadi sangat langka.

2. Bassang

Bassang merupakan makanan khas Sulawesi. Makanan ini terbuat dari jangung dan santan yang di sajikan dalam bentuk bubur. Makanan ini memang sudah sangat langka akan tetapi, akhir – akhir inimulai diangkat kembali dengan hadirnya bassang dalam bentuk makanan cepat saji.

3. Grontol

Grontol merupakan makanan khas jawa tengah, makanan ini terbuat dari jagung yang direbus lalu dicampurkan dengan gula pasir dan di taburi dengan parutan kelapa. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Akan tetapi akhir – akhir ini makanan tersebut jarang ditemui karena orang – orang lebih tertarik dengan makanan modern.

4. Wedang tahu

Wedang tahu merupakan makanan yang berupa seperti minuman ciri khas dari semarang. Akan tetapi minuman ini terbuat dari sari kedelai yang direbus selama 4jam hingga menjadi bubur tahu. Minum ini disajikan dengan campuran jahe sehingga membuat badan anda menjadi hangat setelah meminumnya. Akan tetapi minuman ini jarang di temukan.

5. Bendu

Bendu adalah makanan tradisional khas bali, yang biasanya ditemukan di acara pernikahan. Bahan utama dari pembuatan bendu ini adalah tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, dan bahan lainnya.

6. Kue rangi

Kue rangi berasal dari Betawi yang terbuat dari tepung kanji yang dicampurkan dengan parutan kelapa kasar yang kemudian dipanggang. Biasanya kue ini disajikan dengan kinca gula merah.

7. Cenil

Jajanan yang satu ini juga termasuk temannya klepon, rasanya sangat kenyal karena terbuat dari tepung kanji ataupun sagu tani. Dari segi warna, jajanan ini memiliki warna yang sangat cerah dan cara penyajuannya biasa di taburi dengan gula ataupun kelapa parut.

8. Kue cucur

Kue cucur merupakan salah satu kue khas Betawi, jajanan ini terbuat dari tepung beras yang sebagai bahan utamanya. Warna coklat pada kue ini adalah hasil dari campuran gula merah.

9. Jenang krasikan

Jenang krasikan atau bisa disebut juga kue ladu ini menjadi cemilan favorit untuk oleh – oleh khas jawa tengah. Makanan ini membuat para pecintaanya merasakan sensasi yang berbeda seperti berpasir jika dikunyah. Bahan dasar sendiri berupa beras ketan yang dicampur dengan santan, parutan kelapa, dan gula merah.

10. Sayur babanci

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang biasanya disantap saat acara kebudayaan ataupun keagaaman. Isi sayur ini berupa daging sapi, petai, dan daging kelapa muda dengan kuah yang asam pedas dan bersantan. Makanan ini juga hamper punah karena bahan untuk membuatnya juga sangat sulit ditemukan, seperti kedaung, bangle, temu manga, dan lempunyang.