Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Bedanya Es Krim, Gelato dan Sorbet

www.wisatakuliner.org, Jakarta – Es krim, gelato dan sorbet merupakan 3 kudapan manis dan dingin sangat terkenal oleh para pengemarnya sebagai makanan terfavorit.

Banyak yang mengira ketiganya adalah jenis Es krim, namun kenyataannya Es krim, Gelato dan Sorbet memiliki perbedaan dari tekstur, bahan dasarnya dan rasanya.

Menurut Chef Mukhamad Solihin dari Locarasa, gelato memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibanding es krim. Es krim dibuat dengan krim masak yang mengandung lemak lebih banyak dari gelato. Krimnya maksimal 25 persen dari susu, es krim bisa sampai 50 banding 50.

Chef yang handal dibidang dessert juga menjabarkan bahwa kandungan udara dalam es krim dan gelato pun berbeda. Es krim lebih banyak kandungan krim, otomatis lemaknya lebih banyak.

“Dan didalam body Es krim lebih banyak kandungan udaranya, sedangkan gelato kandungan krimnya sedikit artinya kandungan lemaknya juga lebih sedikit dan kandungan udara didalam body Gelato juga lebih sedikit,” jelasnya

Hal tersebut menyebabkan tekstur es krim lebih ringan, sedangkan gelato lebih padat dan tebal. Dalam pengolahan es krim, adanya proses pencampuran bahan-bahan es krim yaitu dengan diaduk secara cepat dan kuat.

Proses pengadukannya menggunakan mesin sehingga dapat mengikat udara lebih banyak dari gelato. Hal ini menyebabkan gelato cenderung lebih padat dan tekstur es krim lebih lembut dan mudah hancur.  Disini bisa terlihat perbedaanya Es krim lebih soft dan ringan sedangkan gelato lebih soft dan padat.

Cara Pembuatan bahan pada Es Krim dan Gelato hampir sama. Secara garis besar bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es krim dan gelato adalah susu. Krim masak dan gula.

Untuk sedikit penambahan dari bahan pelembut dan pengental seperti tepung maizena atau tapioka dan perasa seperti vanilla, kopi atau lainnya.

Es krim dan Gelato memiliki bentuk yang hampir sama, tetapi berbeda jauh dengan Sorbet. Hidangan manis ini tidak mengandung krim atau susu. Untuk bahan dasarnya pada sorbet adalah lebih banyak dipakai jus buah-buahan.

Diperancis, Sorbet lebih kenal sebutan granito. Sorbet hanya menggunakan jus buah, gula, sirup dan tambahan soft ice.

Oleh karena itu, sorbet memiliki tekstur lebih keras dan kasar dibanding es krim dan gelato. Karena menggunakan bahan dasar jus buah, rasa sorbet umumnya segar dan jauh dari rasa creamy.