8 Kuliner di Jakarta Barat yang Enak, dan Pastinya Murah Kantong!

WisataKuliner.Org, Jakarta Barat – Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selama berada di kawasan Jakarta barat. Salah satunya saja kota tua Jakarta yang dulunya menjadi pusat pemerintahan kota Batavia. Ngak heran deh kalau ada banyak bangunan bersejarah yang hingga kini masih dijaga sebagai kawasan wisata edukasi.

Bukan hanya tempat wisatanya saja yang menjadi tujuan saat berakhir pekan warga Jakarta, tetapi juga ada sederet jajanan enak yang berlokasinya disana. Dimana sajakah?

1. Pato-Pa

Pato-pa termasuk menu jajanan ayam goreng crispy yang masih baru. Mengkreasikan Taiwanese crispy chicken dengan topping yang beraneka macam dari topping keju mozarella yang meleleh, ditambahkan juga aneka bubuk yang memiliki rasa BBQ, seaweed, dan ayam bawang.

Jadi, kalau mau menikmati jajanan ayam crispy dengan aneka rasa yang anti-mainstream bisa banget langsung kesini. Untuk harga perbungkusnya hanya sekitar Rp 20.000 rupiah saja.

Lokasi di : Jakarta Fruit Market, Jalan Green Ville Blok AS No.26, Green Ville

Buka dari : 11.00 – 21.00 WIB

2. Martabak Bangka Akim

Kali ini berburu kuliner Jakarta Barat yang buka saat malam hari. Martabak gulung yang dibuat oleh Kedai Martabak Bangka Akim ini bisa jadi jajanan penunda lapar. Dengan adonan tepung yang dibuat lembut dan lentur, takaran antara tepung dan air yang pas jadi gampang digulung. Ada juga menu original dengan isian polos wijen.

Untuk harga mulai dari Rp 25.000 rupiah saja. Ada banyak rasa yang ditawarkan seperti tape, kismis, pisang, nangka dan kacang.

Lokasi di : Jalan Tanjung Duren Utara IV, Tanjung Duren

Buka dari : 16.00 – 23.00 WIB

3. Pisang Goreng Madu Bu Manik

Pisang goreng Madunya yang enak dan lembut ini sudah berdiri sejak tahun 2007 dan masih bertahan hingga hari ini. Adonan tepungnya yang manis dan pisangnya ngak keras. Selain menu pisang goreng, ada juga menu lain yang tersedia seperti ubi, nanas, nangka dan sukun goreng madu yang wajib dicobain.

Untuk harga hanya Rp 7.000 rupiah saja. Kalau kamu enggan untuk keluar rumah, bisa juga pesan online dibungkus dengan box yang bisa menjaga ketahanan panas.

Lokasi di : Jalan Tanjung Duren Raya No.67, Tanjung Duren

Buka dari : 07.00 – 19.00 WIB

4. Bubur Pandan Sari

Mungkin untuk generasi Milenial pada saat mengenyam bangku sekolah dasar, masih sering merasakan bubur legit dengan kuah santan yang satu ini. Tapi kini, Bubur Pandan Sari hampir jarang ditemukan. Bubur Pandan Sari yang dijual kawasan Jakarta Barat ini memiliki rasa yang khas dari kuah kolak pisang dan biji salak.

Adapun juga ketan hitam dan bubur sumsumnya terasa gurih . Walau dijual dalam sebuah gelas plastik, tapi kamu bisa menambahkan es batu sendiri jika ingin menikmatinya dalam keadaan dingin.

Lokasi di : Loksem Puri Indah, Jalan Indah Raya, Blok KJ No.15, Puri Indah

Buka dari : 17.00 – 00.00 WIB

5. Sop Duren 88

Masih ngak puas jajan bubur pandan sari? Ada minuman menyegarkan lainnya yang bisa melegakan tenggorokanmu. Jajanan anak daerah Tanjung Duren ini namanya Sop Duren 88. Kuliner di Jakarta Barat ini buka hingga malam, dan kamu bukan hanya bisa jajan olahan durian saja. Ada juga olahan buah lainnya seperti minuman pisang ijo yang disajikan dengan potongan durian asli. Ditambah lagi dengan parutan keju.

Lokasi di : Jalan Tanjung Duren Raya No.60, Tanjung Duren

Buka dari : 10.00 – 00.00 WIB

6. Ropangyuk!

Beli jajan sekalian nongkrong cantik yuk! Kalau gitu langsung saja ke Ropangyuk! Menyediakan menu jajanan seperti roti bakar dan sate taichan dengan keju mozarella yang lelehannya menggoda siapapun yang melihatnya. Adapun juga menu indomie yang selalu menjadi makanan favoritnya anak muda di malam hari untuk pengganjal perut biar ngak kelaperan di tengah malam.

Pas banget ini tempat kongkownya, menu makan dan minumnya dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000 rupiah saja.

Lokasi di : Ruko Taman Permata Buana, Blok D1 No.44, Jalan Bira 5, Pura Indah

Buka dari : 16.00 – 00.00 WIB

7. Pastel Ma’Cik

Jajanan tradisional yang selalu ada di pasar-pasar tradisional daerah Jawa. Pastel Ma’cik ini sudah cukup terkenal di daerah Jakarta. Sebenarnya toko jajanan ini ngak cuman menjual menu pastel dengan isian telur dan mi bihun saja. Tapi juga ada menu jajanan pasar lainnya seperti kue lumpur, kue lapis, onde-onde, dan kue kukus. Buat kamu yang sedang ada acara syukuran bisa banget nih pesan di toko jajanan ini.

Lokasi di : Jalan Pesanggrahan No. 8C, Kedoya

Buka dari : 06.00 – 21.00 WIB

8. Mandoya Mini Pao

Pao mungil ini memiliki tekstur yang lembut di dalamnya dan garing diluarnya. Ada empat macam rasa mulai dari kacang ijo, kacang merah, ayam rendang, dan ayam kecap. Wah, mantap banget ya? Paling enak kalau dijadikan jajanan pagi hari yang mengenyangkan. Dalam satu tempat plastik mikanya selalu disediakan saus sambal cair sehingga memberikan rasa pedas agar mata bisa melek seharian.

Lokasi di : Jalan Arjuna Utara No. 90, Green Ville

Buka dari : 07.00 – 17.30 WIB

Nah, menu jajanan di Jakarta Barat di atas menggoda dan ingin rasanya mencicipi satu persatu. Dari yang memberikan rasa kenyang hingga yang bisa menyegarkan tenggorokan sepanjang hari. Kalau kamu mau mencicipi yang mana?