Rekomendasi 5 Makanan Ringan Khas Malang Paling Hits yang Wajib Dicicipi

Wisatakuliner.org, Malang – Malang merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Jawa Timur. Malang dikenal dengan daerah yang cukup dingin karena berada dalam dataran tinggi. Selama ini Malang dikenal juga dengan berbagai macam tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Beberapa tempat wisata yang ada di Malang yaitu Pemandian Sengkaling, Jatim Park, Pantai Balekambang, Kampung Warna Warni Jodipan, Kampung Biru Arema, Malang Night Paradise, Kebun Teh Wonosari dan masih banyak lagi.

Seperti kota-kota lainnya Malang juga memiliki makanan khasnya. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Malang tanpa mencicipi makanan khasnya diantaranya adalah Bakso Arema, Bakso Bakar Malang, Sempol Ayam, dan beberapa makanan lainnya. Tak hanya makanan itu, Malang juga memiliki makanan ringan yang menjadi ciri khas. Makanan ringan ini biasanya diburu oleh pembeli untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Malang. Berikut adalah Makanan-makanan ringan khas Malang yang bisa dibuat oleh-oleh :

  1. Keripik Buah

Wilayah Malang merupakan daerah yang subur dan gersang, berbagai macam buah bisa tumbuh di wilayah ini. Keberadaan buah yang berlimpah memunculkan inovasi untuk menjadikan buah-buahan ini sebagai keripik. Buah-buahan yang tidak bisa bertahan lama disulap dijadikan makanan ringan dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Seiring berjalannya waktu keripik buah  ini menjadi salah satu makanan ringan yang cocok untuk oleh-oleh. Keripik buah ini hadir dengan merk yang berbeda-beda. Meskipun begitu soal rasa tidak perlu diragukan lagi, sudah terjamin memiliki rasa yang enak dan gurih. Buah-buahan yang digunakan untuk keripik ini yaitu buah apel, buah nangka, buah semangka, buah salak. Keripik buah ini bisa diperoleh di toko oleh-oleh khas Malang.

  1. Keripik Tempe

Selain Keripik  Buah yang khas dan terkenal di kota Malang, Kampung Sanan Kecamatan Belimbing merupakan daerah di kota Malang yang dikenal karena masyarakatnya memproduksi keripik tempe. Keripik tempe yang dijual sebagai oleh-oleh diproduksi di daerah tersebut. Keberadaan keripik tempe ini dengan mudah ditemukan disetiap sudut kota Malang.

  1. Strudel Malang

Makanan satu ini masih tergolong baru, awal mulai dibuka sekitar tahun 2014. Strudel Malang merupakan makanan berlapis yang di dalamnya berisi buah-buahan. Buah-buahan yang digunakan untuk isi juga bermacam-macam. Konon Strudel Malang dimiliki oleh artis Tengku Wisnu. Seperti namanya Strudel hanya bisa dibeli di Malang saja. Strudel Malang bisa diperoleh di outletnya dijalan Ardimulyo nomor 14 kecamatan Singosari Malang. Selain itu strudel Malang juga ditemukan di Stasiun Malang.

  1. Pia Mangkok

Jika Jogja dikenal dengan Bakpia Tugu sedangkan Bali dikenal dengan Pie susu nya. Ternyata Malang juga punya pia khasnya loo. Pia tersebut dikenal dengan nama Pia Mangkok. Pia Mangkok memiliki varian rasa yang bermacam-macam seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan durian Pia yang satu ini bisa bertahan sampai dua minggu sehingga sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Pia Mangkok bisa diperoleh di jalan Semeru nomor 25 Malang.

  1. Aneka Olahan Telo

Ketika kita memasuki kawasan Malang dari arah Surabaya kita akan disambut dengan tempat Repoeblik Telo. Tempat ini berada dijalan Raya Purwodadi yang hadir dengan menawarkan makanan dengan bahan utama telo. Telo biasanya disebut dengan nama ubi. Ubi yang digunankan yaitu ubi ungu. Ubi ungu ini diolah menjadi es krim, bakpao, pizza, keripik dan juga nugget.