7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung yang Wajib Dibeli

Wisatakuliner.org, Lampung – Provinsi Lampung dapat dikatakan sebagai penghubung antar dua pulau besar yakni Sumatra dan Jawa. Oleh karenanya, Lampung banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur atau hanya sekadar mampir. Daerah yang dikenal dengan nama Kota Pisang ini menawarkan destinasi wisata dan kuliner saat saya berkunjung ke Lampung.

Namun rasanya tidak lengkap bila kita jalan-jalan tanpa memborong Oleh-oleh yang khas dari Lampung. Berikut rekomendasi buah tangan khas Lampung kekinian yang wajib dibeli

  1. Pie Susu Pisang

Karena Lampung dikenal dengan Kota Pisang, tentu oleh-oleh khas Lampung pertama yang wajib kita incar adalah olahan buah tropis alias pisang. Setidaknya terdapat dua produk olahan pisang yang mudah didapat, yaitu Pie Susu Pisang dan keripik pisang.

Pie susu pisang ini dibuat dengan isian pisang, Bentuknya menyerupai buah pisang pula. Olahan pisang yang kedua adalah keripik pisang. Dengan stok pisang yang tak ada habisnya, Lampung produk olahan keripik pisang dapat menjadi alternatif dengan berbagai varian rasa misalnya susu, coklat, strawberry dan lain-lain.

  1. Abon Jamur

Abon umumnya dari daging ayam,sapi maupun ikan. Tapi, berbeda di Lampung, kita bisa menemukan abon berbahan dasar jamur. Abon jamur khas Lampung menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya. Jamur dianggap memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Abon Jamur dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Lampung.

  1. Kemplang Ikan

Mencari cemilan renyah khas asal daerah Lampung? Kemplang jawabannya. Makanan ringan ini dibuat dari ikan sebagai bahan dasarnya.Tekstur kemplang yang renyah dan rasa yang gurih membuat kemplang menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan. Hal unik dari kemplang yaitu dari cara pembuatannya. Kemplang dikerjakan dengan cara digoreng menggunakan pasir. Inilah yang membuat kemplang memiliki cita rasa tersendiri.

  1. Engkak

Engkak adalah kue khas Lampung yang cukup populer di Sumatera Selatan. Jika dilihat sekilas, kudapan ini hampir mirip dengan kue lapis legit. Tetapi, keduanya makanan yang berbeda, bedanya Engkak dibuat dari beras ketan. Tekstur serta rasanya pun akan berbeda jika dibanding dengan kue lapis legit. Dengan segala keunikannya, Engkak cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Lampung untuk keluarga di rumah.

  1. Browkis

Browkis merupakan sejenis Brownies. Bedanya, oleh oleh Lampung kekinian ini menggunakan bahan dasar tepung kulit pisang. Meskipun terbuat dari kulit pisang, kuliner khas Lampung tetap memiliki rasa yang lezat dan nikmat yang tak kalah dengan Brownies lainnya.

  1. Pempek Lampung

Walaupun lebih terkenal sebagai kuliner khas Palembang, Pempek juga cukup terkenal di Lampung. Bahkan, Pempek Lampung mempunyai ciri khas tersendiri. Perbedaannya ada di rasa kuahnya. Rasa asam cuka pempek Lampung lebih kuat. Ditambah lagi, dengan penggunaan gula merah asli serta campuran ikan di dalam komposisi kuah oleh-oleh khas Lampung ini.

  1. Keripik Pisang Kepok

Selain terkenal dengan Pie Susu Pisang, rasanya tak lengkap jika tidak mencoba jajanan khas lampung yaitu keripik pisang kepok. Keripik pisang kepok ini sendiri memiliki aneka ragam rasa, bukan hanya asin dan manis, tetapi juga ada rasa coklat, keju, susu, dan masih banyak rasa lainnya.