Inilah Daftar Kuliner Khas Tahun 90an Yang Tidak Bisa Terlupakan

Wisatakuliner.org, Jakarta – Dijaman dahulu banyak anak – anak tahun 90an yang masih TK ataupun SD, masa kecilnya merupakan masa yang paling indah dan menyenangkan. Saat ini kita hidup dalam suasana yang masih jauh dari gadget. Dimana permainan tradisional hingga jajanan sekolahan masih menjadi incara anak – anak pada saat itu. Saat itu juga uang jajan hanya RP.500 rupiah masih begitu banyak untuk kita. Hanya dengan RP.500 rupiah saja kita bisa membeli berbagai jajanan kesukaan kita. Akan tetapi dijaman sekarang ini RP. 500 rupiah bisa beli apa ya? Secara untuk beli permen saja sudah tidak bisa, walaupun begitu, jajanan – jajanan tersebut masih dijual hingga sekarang, walaupun tidak sebanyak yang dulu lagi. Nah, inilah berikut perbandingan harga makanan dan minuman dari dulu hingga saat ini.

1. Krip – krip

Anak – anak 90an pasti masih ingat dong dengan snack yang legendaries ini. Yah, krip – krip ini merupakan salah satu makanan ringan yang paling digandruingi oleh anak – anak 90an. Tidak hanya anak – anak, bahkan anak remaja hingga dewasa gemar memakan snack satu ini. Dulu harga krip – krip ini dibandrol dengan harga RP.50 rupiah/ bungkus, akan tetapi saat ini krip – krip dijual dengan harga RP.13.000/ renteng (10 bungkus) atau dengan kata lain RP. 1.3000/ bungkus, itupun anda harus membelinya melalui via online, karena sudah sangat jarang warung – warung terdekat menjual krip – krip.

2. Mie lidi

Anak dijaman dahulu sepertinya sangat gemar banget mengemil mie lidi. Cemilan yang rasanya pedas ini biasanya dimakan satu – satu sambil dihisap agar pedasnya lebih terasa dahulu. Dulu makanan ini sebungkusnya dijual dengan harga RP. 200 – RP.500/bungkus. Akan tetapi sekarang mie lidi ini dijual dengan harga RP.2.000/ bungkus. Bahkan ada yang jual hingga RP.8.000 sampai RP.15.000/bungkus. Untuk soal rasa, saat ini mie lidi tidak hanya memiliki rasa yang pedas, akan tetapi ada juga berbagai varian rasa seperti barbeque, jagung bakar, keju, dan lain – lain.

3. Telur gulung

Terlur gulung merupakan makanan anak SD jaman dahulu yang kini kembali menjadi hits. Hampir disetiap bazaar makanan ataupun pasar malam ada yang menjual telur gulung. Bahkan yang membelinya sampai bisa mengantri hanya untuk membelinya. Saat ini telur gulung ini biasa dijual dengan harga RP. 5000/3 tusuk. Padahal jaman dahulu telur gulung ini hanya dijual dengan harga RP.100/tusuk

4. Gulali

Dulu hampir disetiap kampong di Indonesia pasti ada yang menjual jajanan gulali. Permen yang satu ini terbuat dari lelehan gula dan dibentuk sedemikian rupa ini memang menjadi salah satu makanan favorit anak – anak jaman dahulu. Dulu harga permen ini hanya RP.100 hingga sampai RP.200 saja, akan tetapi sekarang gulali ini telah berkembang menjadi lebih tahan lama dan dijual dengan harga RP.5000 hingga sampai RP.10.000.

5. Rambut nenek

Bukan rambut nenek yang ubanan ya! Jajanan yang satu ini memang trend dikalangan anak – anak zaman dulu ini memiliki rasa yang manis seperti permen kapas. Hanya saja, rambut nenek ini memiliki serat yang agak lebih kasar dari pada permen kapas ataupun harum manis. Rambut nenek ini biasanya dilengkapi dengan 2  keping rito yang tipis dan garing hingga mirip dengan kerupuk. Nah, rambut nenek ini dulu harganya hanya RP.200 saja, akan tetapi sekarang rambut nenek dijual dengan harga RP.2.000 hingga RP.5.000 di pasaran.

6. Anakmas

Anak – anak pada tahun 90an pasti masih sangat ingat betul dengan makanan ringan yang satu ini. Yah, anakmas memang merupakan jajanan yang menjadi suatu idola di tahun 90an. Rasanya yang sangat enak antara gurih – gurih dan asin memang mampu membuat siapa saja akan menjadi ketagihan. Dahulu harga dari anakmas ini Cuma RP.150 hingga RP.300/ bungkus. Akan tetapi sekarang dijual dengan hargaRP.1.500 hingga RP.2.000/ bungkus, itupun anda harus membelinya dengan online karena warung ataupun diswalayan sudah sangat langka dan yang menjual anamas, selain itu kemasannya juga sudah berubah banyak.