Menikmati 5 Roti Khas Sumatera yang Wajib Dicoba, Cocok Dijadikan Buah Tangan deh!

Wisatakuliner.org, Sumatera – Traveling ke Sumatera tak cukup jika hanya menikmati sajian khas-nya saja. Anda            perlu mencoba camilan yang tak kalah nikmat. Salah satunya kuliner roti yang berasal dari Sumatera. Hadirnya berbagai roti modern faktanya tidak mengeser roti khas ini dan tetap digemari oleh banyak orang.

Seperti daerah lain yang punya kuliner khas, roti khas Sumatera ini sudah ada sejak puluhan tahun dan cita rasanya tetap terjaga hingga saat ini. Sangat cocok di jadikan buah tangan untuk keluarga. Berikut lima roti yang tak boleh Anda lewatkan untuk dicoba jika berkunjung ke Sumatera!

  1. Roti Ganda

Sekilas, roti ganda mirip dengan roti isi pada umumnya. Namun roti khas kota Pematang Siantar ini punya cita rasa yang khas dengan isi selai buah srikaya dan cokelat. Tekstur rotinya yang lebih lembut membuat roti ini bertahan di tengah persaingan roti modern. Nama Roti Ganda berasal dari toko Roti Ganda yang terletak di jalan Sutomo , Pematang Siantar, Sumatera Utara sejak tahun 1979.

Tersedia mulai ukuran roti kecil yang bisa anda beli dengan harga lima ribu rupiah. Sedangkan roti ganda bantal bisa kamu beli dengan 25 ribu hingga 40 ribu rupiah.

  1. Bolu Meranti

Ikon kuliner terkenal khas kota Medan yang wajib dijadikan oleh-oleh lho! Bolu meranti merupakan bolu khas medan yang lembut dan punya berbagi topping yang nikmat. Meski hadir berbagai macam bolu di Medan, namun bolu Meranti tetap menjadi tujuan oleh-oleh para wisatawan karena cita rasanya yang khas. Tersedia berbagai macam rasa seperti keju, mocca, kacang maupun original.

Anda bisa memilih cita rasa yang bisa digabung dalam satu bolu seperti 2 in 1 atau pun 3 in 1. Misalnya, rasa original dan mocca dalam satu kemasan. Harganya sekitar mulai dari 90 – 150ribu rupiah.

  1. Roti Canai

Mungkin Roti Canai dikenal sebagai kuliner yang berasal dari Timur Tengah Di Aceh, roti canai kerap dijadikan sebagai kuliner utama untuk para wisatawan. Adonan tepung terigu dan telur yang disajikan pipih ini punya cita rasa yang gurih. Meski bentuknya tipis, namun rasanya sangat gurih karena diolah dengan minyak wijen.

Umumnya, roti Canai khas Aceh ini disajikan dengan topping meses ataupun keju. Cukup menyediakan uang Rp 15 ribu, anda sudah menikmati roti canai khas Aceh yang hangat dan gurih.

  1. Bolu Koja

Tak hanya pempek, Palembang juga punya kuliner khas yakni Bolu Koja. Dikenal juga dengan sebutan Bolu Kojo, tekstur bolu ini berbeda dengan bolu lainnya. Padat dan punya tekstur yang lebih lengket, aroma pandannya akan tercium saat anda mencoba bolu ini.

Kue Koja sering disajikan saat upacara adat, namun kini Anda bisa membeli bolu ini karena di jual di beberapa tepat oleh-oleh di Palembang. Bolu koja khas Palembang ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 40 ribu.

  1. Bong Li Piang

Nama roti Bong Li Piang mungkin cukup asing jika pertama kali berkunjung ke pulau Bangka. Nama Bong Li berarti buah nanas yang merupakan cita rasa khas yang paling ditonjolkan dari roti ini. Terbuat dari tepung terigu, santan, gula aren, dan isian selai nanas yang siap lumer di mulut.

Bong Li Piang sangat cocok disajikan saat sore hari dengan sajian teh hangat. Harganya pun murah, mulai dari 25 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan satu bungkus Bong Li Piang yang berisi 10 roti.