5 Makanan Khas dari Berbagai Negara Dalam Perayaan Ulang Tahun

Wisatakuliner.org, Jakarta – Ulang tahun tentu saja menjadi momentum yang membahagiakan bagi semua orang. Hal ini tentu saja karena pada hari tersebut usia seseorang akan bertambah dan kedewasaan yang juga akan ikut mengiringi. Nah, tentunya karena penuh dengan kebahagiaan, tak heran bila banyak orang yang merayakan hari jadinya bersama keluarga tercinta dengan makanan yang lezat untuk disantap bersama tentunya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia tentu memiliki beragam makanan yang berbeda untuk merayakan bertambahnya usia.

Berikut 5 sajian makanan khas untuk perayaan ulang tahun versi berbagai negara, penasaran!

  1. Mie Goreng, Tiongkok

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mie dalam kepercayaan warga Tiongkok adalah sebagai simbol panjang umur. Tentunya dengan alasan ini tak heran bila mie  goreng menjadi menu utama yang biasanya disajikan saat perayaan ulang tahun. Warga Tiongkok biasanya mengonsumsi mie goreng dengan menggunakan sumpit yang khas dan cara memakannya pun khusus, yaitu tidak boleh putus.

  1. Sup Rumput Laut, Korea Selatan

Salah satu negara di Asia Timur ini juga memiliki kebudayaan tersendiri perihal makanan khas sebagai menu saat berulang tahun. Umumnya warga lokal Korea akan mengonsumsi sup rumput laut yang lezat dan hangat sebagai simbol tanda kasih sayang dan hormat terhadap ibu yang telah mengandungnya. Sup rumput laut ini juga bisa mengonsumsi selama masa kehamilan.

  1. Permen Piñata, Mexico

Mungkin ada yang sudah tidak asing dengan benda yang digantung dan memiliki bentuk serta warna yang menarik ini. Benda ini adalah piñata yang berisikan permen manis serta pernak-pernik lucu khas anak-anak. Pada mulanya piñata hanya disediakan untuk anak perempuan yang merayakan ulang tahun ke-15 sebagai simbol kedewasaan, namun saat ini justru hampir seluruh anak di bawah usia 15 tahun pun ingin mendapatkan piñata.

  1. Payesh , India

 

Di negeri Bollywood ternyata juga terdapat makanan yang biasa disajikan untuk perayaan ulang tahun lho. Makanan ini bernama Payesh yang merupakan puding beras lezat. Olahan bertekstur lembut ini terbuat dari tepung, susu, gula merah, gula, kapulaga, kunyit, daun salam, dan beberapa bahan lainnya. Selain itu payesh juga biasa ditaburi kacang mete pada bagian atasnya.

  1. Nasi Tumpeng , Indonesia

Seperti dengan negara lainnya, negeri kita tercinta juga memiliki makanan khas yang biasa disantap saat perayaan ulang tahun lho. Nasi tumpeng sebagai simbol kekeluargaan seperti yang kita telah ketahui biasanya memiliki ukuran yang besar, berbentuk kerucut dengan berbagai macam lauk paut di sampingnya. Nasi tumpeng akan terasa lebih nikmat apabila disantap bersama dengan kerabat dan sanak saudara.