5 Rekomendasi Dessert Khas Peru Yang Harus Kamu Cobain, Enak Banget!

wisatakuliner.org, Peru – Peru merupakan salah satu negara tropis yang terkenal dengan kebudayaan masyarakat lokal yang sangat kental, negara ini juga disertai dengan percampuran budaya Eropa terutama Spanyol yang sangat khas. Akibat dari percampuran budaya di negara ini maka hal tersebut juga sangat mempengaruhi berbagai makanan yang ada di negeri Peru ini.

Nah, jika kamu berjalan-jalan ke negara ini sangat dianjurkan untuk mencoba dessertnya ya. Dessert khas Peru sangat menggugah selera. Buat kamu-kamu yang suka dengan makanan manis, Cus langsung saja simak ulasan rekomendasi beberapa dessert khas Peru berikut ini.

1. Suspiro de limena

Pertama ada dessert bernama Suspiro de limena, dimana dessert ini berasal dari kota Lima, dimana menghadirkan rasa puding susu yang lezat dengan taburan kayu manis dan karamel dan disertai juga cream manjar dan dulce de leche yang legit. Bahan utama dari pembuatan dessert ini adalah telur, gula, susu evaporasi dan sirup meringue. Makanan penutup yang satu ini sering ditemui disekitar kota Lima, Peru dan beberapa kota disekitarnya. Selain itu Dessert satu ini juga dapat kamu temukan di berbagai restoran Peru yang terletak di beberapa negara lainnya.

2. Crema Volteada

Crema Volteada adalah kue flan versi Peru yang resep aslinya berasal dari negara Spanyol, lalu dibawa pada masa penjajahan. Namun tentunya versi flan dari Peru pasti berbeda dari Spanyol dan beberapa negara Amerika Latin lainnya. Pada Crema Volteada dibuat menggunakan susu evaporasi dan susu kental manis sehingga teksturnya lebih lembut dan manis.

Bahan-bahan yang digunakan dari pembuatan dessert yang satu ini seperti gula halus, susu evaporasi, telur, vanila dan susu kondensasi. Makanan penutup yang satu ini sangat terkenal dengan proses pembuatan yang mudah dan rasa yang nikmat di Peru.

3. Alfajores

Selanjutnya, kue yang satu ini merupakan salah satu kue yang tidak hanya ditemui di Peru, namun juga dapat ditemui diberbagai negeri Amerika Latin lainnya. Asal usul kue ini sebenarnya dari Spanyol yang berakar dari Timur Tengah. Dimana arti alfajor dari bahasa Arab, al-hasu yang artinya diisi. Kue ini memiliki ciri khas dari masing-masing negara. Kalau di Peru menggunakan tambahan gula halus, sirup manjar dan tentunya rasa kayu manis yang khas.

4. Turron de Dona Pepa

Turron de Dona Pepa merupakan salah satu hidangan pencuci mulut khas Peru yang sering disajikan para bulan Oktober dalam perayaan El Mas Meradom yang berarti bulan ungu. Selain rasanya yang enak kue ini juga memiliki bentuk layaknya nougat dengan beragam toping diatasnya.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kue ini sangat banyak seperti, kacang anis, air, tepung, gula, gula cokelat, beberapa buah-buahan dan kayu manis. Selain itu diatasnya juga diberi sprinkle candy dan tambahan sirup sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

5. Picarones

Yang terakhir adalah kue Picarones yang berasal dari Lima, Peru yang dimana kue ini merupakan sajian donat yang terbuat dari kentang. Dessert ini juga memiliki rasa yang unik dari tambahan sirup yang terbuat dari gula cokelat dengan rasa manis yang pas. Selain itu tambahan kayu manis nikmat dengan kacang anis yang tentunya menambah kekayaan cita rasa kue ini.

Sejarah dari Picarones sebenarnya berasal dari masyarakat Afrika Peru yang pertama kali dikenalkan oleh bangsa Eropa. Namun masyarakat Afrika Peru mengubahnya dari bahan baku awal tepung terigu menjadi kentang manis.

Itulah beberapa dessert khas Peru yang memiliki cita rasa yang lezat. Mana dessert yang pengen banget kamu cobain?