7 Makanan Populer Filiphina, yang Unik dan Enak ini Terbuat dari Ubi Ungu Lho!

WisataKuliner.Org, Filiphina – Negara Filiphina yang masih berada dalam kawasan Asia Tenggara memiliki kultur yang hampir mirip dengan Indonesia, tidak terkecuali dari segi makanannya. Filiphina yang mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, ternyata menyukai ubi ungu sebagai bahan dasar camilan lho. Kalau di Indonesia ubi ungu biasa diolah menjadi bola ubi, maka di Filiphina, ubi diolah dengan berbagai macam bentuk. Bakal cocok sama lidah orang Indonesia, kamu harus coba nih 7 makanan populer Filiphina berbahan dasar ubi ungu berikut ini!

1. Halaya

Ube Halaya atau yang lebih akrab disebut ube jam adalah selai oles yang terbuat dari ubi ungu. Seperti selai coklat atau selai buah lainnya, selai ubi juga dioles di atas roti untuk menjadi kudapan sarapan atau camilan. Selai ini terbuat dari campuran ubi yang telah direbus lalu dicampur susu, mentega dan gula. Bisa jadi oleh-oleh juga nih kalau main ke negara Filiphina guys!

2. Kalamay

Kalamay merupakan salah satu kue tradisional masyarakat Filiphina yang kalau di Indonesia mirip-mirip seperti kue talam. Bedanya kalamay ubi tidak menggunakan lapisan santan di atasnya, melainkan sudah dicampur bersamaan saat dimasak. Teksturnya yang kenyal paling cocok disajikan bersama taburan coconut crumbble sehingga menyatu dengan pas saat dimakan.

3. Taisan

Kecintaan masyarakat Filiphina terhadap ubi ungu ini memang begitu besar. Selain selai dan kue tadi masih ada Taisan ubi, kue ini merupakan sejenis sponge cake yang memiliki tekstur lembut dan cocok dijadikan hidangan buat kumpul bareng keluarga. Tapi kue bolu ini punya cita rasa unik yang beda dari bolu original, pandan atau coklat pada umumnya. Rasa ubi ungu alias Taro ini begitu kuat dan bikin rasanya jadi semakin nikmat.

4. Champorado

Kata siapa ubi ungu cuma bisa diolah jadi makanan manis? Di negara Filiphina ubi ungu diolah jadi bubur dan disajikan bersama kuah santan dan lauk pauk lho atau yang disebut dengan Champorado. Bubur ini memiliki cita rasa gurih dan sekilas memiliki tekstur kental seperti bubur ketan hitam. Bedanya bubur ini lebih halus karena ubi yang digunakan telah dimasak menjadi puree. Orang Filiphina biasa makan bubur ini dengan ikan asin. Mirip banget ya sama selera orang Indonesia!

5. Yum Cake

Kembali ke makanan manis, kali ini ada dessert menggugah selera yang bernama Yum Cake. Yum Cake artinya kue ubi namun kue ini bukan kue ubi biasa karena diberi krim keju dan membuat cheese cake varian baru. Buat kamu para pecinta Cheese cake gak boleh ketinggalan nih buat cobain Yum Cake yang banyak dijual di Filiphina.

6. Ube Bar Bread

Lebih padat dari bolu yang sebelumnya Ube Bar Bread merupakan olahan roti ubi yang dilapisi parutan kelapa diatasnya. Roti ini cocok bagi kamu yang bosan dengan roti tepung atau roti gandum yang biasa saja. Ditambah selai ubi di dalamnya, jadi deh sajian serba ubi ini siap menggoyang lidah.

7. Mini Ube Mamon

Yang gak kalah enak adalah Mini Ube Mamon yang berarti cupcake ubi. Kue kecil ini diisi dengan isian khas masyarakat Filiphina yang terbuat dari gula dan tepung bernama Yema. Kue mini tersebut juga dihiasi krim ubi berwarna ungu yang menambah kelezatan sekaligus mempercantik penampilan. Kalau jadi kue ulang tahun pas banget nih, manis, menarik dan enak!

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Filiphina yang terbuat dari ubi ungu, kalau kamu mampir ke sana jangan lupa untuk mencicipi semuanya ya!