9 Makanan Biru ini Memiliki Warna yang bikin Hati Adem Lho!

WisataKuliner.Org, Asia – Kamu pasti selalu kepoin trend warna hitam dan unicorn yang sempat melejit di dunia kuliner. Tapi itu sudah terlalu biasa ya. Sekarang ada juga trend warna paling baru pada makanan lho, yakni warna biru. Warna biru pada makanan tak hanya unik dilihat mata, tetapi rasanya juga bikin lidah makin bergoyang. Kelebihan lainnya, trend warna ini juga pas banget buat kalian yang lagi badmood. Sebab, warna biru pada makanan bisa memberikan efek rasa tenang bagi pikiran lho. So pasti, sepanjang hari kalian selalu goodmood dan jauh dari perasaan galau. Yuk, intip makanan-makanan berwarna biru di bawah ini!

1. Nasi Kerabu

Nasi kerabu, salah satu kuliner khas Negeri Jiran, Malaysia. Kalau di Indonesia, nasi kerabu bisa dikatakan mirip dengan nasi kuning. Komposisi penyajiannya terdiri dari nasi, kerupuk, sambal, serta lauk seperti telur, serundeng, sayur, dan ikan atau ayam. Yang membedakan adalah warna nasinya. Kalau nasi kuning tentu saja berwarna kuning, sedangkan nasi kerabu berwarna biru. Warna biru nan cantik ini bukan berasal dari pewarna buatan lho, melainkan menggunakan pewarna alami dari kembang telang atau butterfly pea flower.

Bunga telang yang dijadikan sebagai bahan pewarna nasi kerabu menambah rasa enak. Selain itu, bunga telang juga mengandung antioksidan alami dan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan. So, aman banget dikonsumsi. Yang belum sempat liburan dan kulineran nasi kerabu di Malaysia, cobain nasi babah direstoran Tjap Toean, deh. Meski namanya bukan nasi kerabu, restoran ini menyajikan nasi babah berwarna biru. Penyajiannya sama seperti nasi kerabu.

Kamu bisa menemukannya di Citywalk Sudirman lantai 1, Jalan KH Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat.

2. Donat

Instagramable banget nih! Donat biru ini terbuat dari bahan dan pewarna alami, yakni bubuk bunga telang. Ditaburi cincangan kasar kacang pistachio yang super renyah dan diisi dengan yogurt di lubang tengahnya. Rasanya enak banget!

3. Ramen

Ramen, kuliner yang tersohor di Jepang. Seporsi ramen terdiri dari mie kenyal, kuah, dan topping yang beraneka ragam. Rasanya segar. Kuahnya itu lho, nendang banget! Tak mau kalah dengan trend warna biru makanan, dua restoran di Jepang punya ramen berkuah biru yang enak dan cute banget. Sesuai namanya, ramen ini berwarna biru bening nan cantik. Kuah panasnya memanjakan lidah ketika disajikan bersamaan mie, irisan daging ayam panggang, telur asin, dan daun bawang.

Warna biru pada kuah ramen berasal dari bahan alami yang aman bagi kesehatan. Sedangkan, tekniknya mengadopsi dari budaya Tiongkok. Ada yang menyajikannya dengan kuah panas, ada pula yang dingin. Warna kuahnya juga lebih pekat yang terbuat dari bubuk spirulina. Aman untuk dikonsumsi dan disinyalir memiliki manfaat anti-aging. Kamu suka kuah ramen yang panas atau dingin nih?

4. Burger

Sekilas, burger ini tampak biasa seperti pada umumnya. Tapi ketika dibelah, kamu akan melihat keistimewaannya. Bun burger yang digunakan ternyata berwarna biru. Isinya lengkap seperti saus chili, beef patty, keju biru, lettuce, bawang bombay, mustard, dan bayam. Collete Water Bar, restoran asal Perancis, menciptakan burger ini sebagai farewell yang dijual dalam waktu terbatas hingga akhir Desember. Mereka akan tutup sebelum tahun baru.

5. Nasi Kare

Jepang memang negara yang kaya akan kuliner unik. Saat ini, nasi kare yang biasa disajikan dengan kuah kental berwarna coklat telah tergeser kepopulerannya. Kini, kita bisa merasakan nasi kare berwarna biru. Salah satu yang menyediakan menu ini adalah restoran Nico Nico Head Quarters yang berada di distrik Harajuku, Jepang. Nasi kare di sini tampilannya nyentrik seperti cat berwarna biru pekat. Namanya Unappetizing Blue Curry.

Selain di restoran, nasi kare biru juga dijual dalam kemasan instan lho. The Slime Curry namanya. Warna birunya berasal dari pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi. Kemasannya praktis dan isinya lengkap, seperti nasi, pasta tomat, bawang, kacang polong, serta wortel. Pas banget nih buat oleh-oleh saat liburan dari Jepang. Tinggal dihangatkan saja kalau mau makan.

6. Ayam Saus Biru

Ayam saus biru atau yang lebih dikenal dengan blue curacao chicken adalah salah satu menu andalan di Homebrew Coffee, Alam Sutera Town Center Kav.2, Tangerang. Seporsi blue curacao chicken terdiri dari ayam panggang, baguette yang dipanggang mentega, dan saus berwarna biru menggugah selera. Tenang, warna biru pada saus tersebut bukan berasal dari pewarna sintesis. Melainkan hasil racikan kreatif Homebrew Coffee. Warna biru itu berasal dari sirup curacao dan jamur yang asam dan manis. Pas banget dituang di atas potongan ayam panggang yang gurih. Rasanya nendang banget. Asam, manis, dan gurih menyatu begitu sempurna. Untuk satu porsinya dibanderol dengan harga Rp 75 ribu. Worth it!

7. Puding Bunga Telang

Di Bandung, ada sebuah toko puding bernama D’licious Kitchen yang menyediakan menu unik puding bunga telang. Warna biru yang dihasilkan rebusan bunga ini menjadi pewarna alami pada puding. Cantik dipandang mata dan enak rasanya. Puding yang cantik ini dibuat berlayer dengan perpaduan warna biru dan putih. Lapisan warna birunya dibuat terlebih dahulu. Caranya panaskan gula, bubuk agar-agar, dan rebusan bunga telang hingga mencair. Setelah mendidih, diamkan sebentar dan tuang pada gelas, lalu dinginkan. Sisihkan di freezer agar teksturnya mengeras. Kemudian, buat lapisan warna putih dengan cara mencampur bubuk agar-agar, santan, garam, daun pandan, dan gula pasir. Aduk sampai mendidih. Lalu, tuang di atas lapisan berwarna biru. Ulangi menuang warna biru di atas lapisan warna putih. Warna dan rasanya bikin lupa segala masalah.

8. Mango Sticky Rice

Desert khas Thailand ini lagi hits banget sekarang. Perpaduan yang pas antara ketan dan mangga ini sangat menggugah selera. Kalau biasanya ketan bewarna putih, kini kita bisa mencoba warna biru yang menggoda. Perpaduan antara ketan biru dan mangga kuning bikin mood langsung melejit. So cute!

9. Bihun Kuah Kari Kuning

Pernah kebayang gak bihun diganti warna jadi biru? Kira-kira gimana ya rasanya? Restoran Blue Jasmine di Park Hotel Farrer Park, Singapura, menciptakan menu unik berupa bihun biru. Disajikan bersama kuah kari kuning daging kepiting yang ciamik. Rasanya enak. Instagramable pula. Bikin kamu senyum-senyum seharian.

Kira-kira kamu mau cobain yang mana dulu nih?