6 Kuliner Khas Karimunjawa Yang Menggugah Selera

WisataKuliner.Org, Karimunjawa – Sedang liburan di Karimunjawa? Berikut rekomendasinya, kuliner-kuliner khas Karimunjawa yang menggugah selera, sayang jika Kamu melewatkannya. Karimunjawa tak sekadar memiliki keindahan bawah laut dan wisata bahari yang menjadi magnet wisatawan. Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya Karimunjawa memiliki kuliner-kuliner lezat yang tak kalah lezat dengan kuliner-kuliner di destinasi lain di Indonesia.

Berikut ini kuliner di Karimunjawa yang wajib dicicipi wisatawan saat ke Karimunjawa.

1. Pindang Serani

Pindang Serani adalah kuliner khas Jepara yang juga tersebar di kawasan Karimunjawa. Pindang Serani ini memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan tomat, daun kemangi dan belimbing wuluh. Kuahnya memiliki perpaduan rasa asam dan manis serta gurih dari ikan pindang atau bandeng yang jadi bahan spesialnya. Nasi panas akan terasa nikmat jika dinikmati dengan Pindang Serani ini.

2. Bakso ikan ekor kuning

Ikan ekor kuning adalah ikan yang banyak terdapat di Karimunjawa. Para nelayan banyak menangkap ikan ini. Ikan inipun sering menjadi bahan bakso di Karimunjawa. Di Alun-alun Karimunjawa terdapat banyak sekali penjual bakso ikan ekor kuning ini dan menjualnya dengan harga Rp10.000 per porsi. Seperti hidangan bakso pada umumnya, bako ikan ekor kuning ini biasa disajikan di mangkuk dengan irisan sawi dan bihun. Jangan lupa mencicipi bakso ini saat liburan di Karimunjawa!

3. Lontong Krobyok/Krubyuk

Kuliner ini memang memiliki nama yang lucu. Krubyuk atau ngrubyuk sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti berjalan atau melewati genangan air. Istilah ini dipakai karena Lontong Krobyok sendiri memang disajikan dengan kuah bakso yang banyak. Rasa kuahnya lezat dengan irisan ayam semur, irisan daun seledri, dan tambahan tauge serta kecap dan bawang goreng yang banyak. Kuliner ini cocok dinikmati saat siang hari, apalagi jika makannya di pinggir pantai.

4. Ikan bakar dengan bumbu Srepeh

Karimunjawa terkenal dengan kuliner ikan bakar yang enak dan bumbu yang khas. Ikan bumbu Srepeh digadang-gadang menjadi ikan dengan bumbu khas Karimunjawa. Ikan bakar srepeh memiliki cita rasa pedas gurih yang membuat banyak orang merasa ingin makan lagi dan lagi.

5. Tongseng cumi dengan kuah kari

Karimunjawa memiliki kuliner khas serba Seafood. Lucunya, saat mengolah cumi warganya lebih sering membuat tongseng cumi dengan kuah kari saat ada wisatawan. Seperti nama hidangannya, cumi yang telah dipotong-potong dimasak dengan kuah kuning ala kari. Rasanya sangat unik karena kuah kari biasanya lebih sering dipakai untuk masakan olahan daging ayam dan daging sapi.

6. Ragam olahan ikan asin yang diproses dengan cara tradisional

Di Karimunjawa para warganya sering membuat ikan asin. Ikan asin yang diproduksi terdiri dari beragam ikan mulai dari ikan kecil hingga ikan besar. Semua diproses menjadi ikan asin dengan cara tradisional. Cobalah untuk memesan olahan ikan asin di Karimunjawa dijamin rasanya sagat enak. Ikan asin ini enak jika disajikan dengan sambal dan nasi panas. Cobalah sesekali saat liburan di Karimunjawa.