Selain Pia, 7 Olahan Apel dari Berbagai Penjuru Dunia yang Manis dan Lezat

Wisatakuliner.org, Mancanegara – Selain dimakan langsung dan dibuat menjadi pai, Penjuru dunia ternyata memiliki berbagai cara untuk menikmati apel. Penasaran seperti apa olahan apel dari beberapa negara di dunia? Yuk, cari tahu !

  1. Apple Empanada – Argentina

Empanada merupakan kudapan yang menyerupai pastel isi. Kudapan ini umumnya diberi isian berupa daging dan sayuran. Namun, penduduk Argentina ternyata telah menciptakan empanada versi manis yang diberi isian apel. Agar lebih nikmat, empanada tersebut kadang ditaburi dengan gula halus.

Empanada apel yang renyah dan manis ini tak hanya populer di Argentina, namun juga di Chile dan negara-negara di Amerika Selatan lainnya.

  1. Honey Baked Apples – Belarus

Honey-baked apples merupakan kudapan asal Belarus yang dibuat dengan cara melubangi bagian tengah apel dan mengisinya dengan madu. Setelah itu, apel dipanggang selama 1 – 1.5 jam hingga teksturnya melunak.

Kamu juga dapat menambahkan taburan gula halus di atasnya. Kudapan ini secara tradisional disajikan dengan beberapa kacang walnut dan sedikit krim.

  1. Æblekage  – Denmark

Æblekage  atau apple cake merupakan hidangan tradisional Denmark yang biasanya disajikan dalam sebuah mangkuk atau gelas, sehingga seringkali disebut juga sebagai apple trifle. Hidangan ini dibuat dengan cara memasak potongan apel dengan air, gula, dan biji vanila, hingga teksturnya lunak.

Setelah itu, hazelnut dipanggang dan diaduk dengan gula yang telah dipanaskan. Dessert tersebut kemudian disusun dengan urutan apel, hazelnut, dan whipped cream.

  1. Pancake Apple – Latvia

Pancake apel khas Latvia dibuat dengan cara mencampur potongan kecil apel dengan bubuk kayu manis, bubuk kapulaga, dan gula pasir. Potongan apel tersebut kemudian dimasukkan ke dalam adonan tepung, telur, susu, dan mentega leleh.

Jika kamu ingin mengikuti cara orang Latvia menikmati pancake apelnya, maka dapat menambahkan topping berupa yogurt dan madu.

  1. Fritter Apples – Portugal

Kudapan asal Portugal ini bentuknya hampir mirip dengan donat, dibuat dengan cara mencelupkan potongan apel ke dalam adonan berisi tepung, telur, susu, bubuk kayu manis, dan sedikit minyak zaitun. Setelah itu, potongan apel tersebut digoreng hingga berwarna keemasan. Kudapan renyah nan manis ini akan lebih nikmat jika ditaburi dengan gula halus.

  1. Bánh táo hoa hồng – Vietnam

Bánh táo hoa hồng merupakan kudapan asal Vietnam yang berbentuk mawar. Kudapan ini terbuat dari puff pastry, apel merah, serta selai aprikot. Dari segi bentuknya yang unik dan cantik membuat tidak tega cicipi ya!

  1. Prekmurska Gibanica – Slovenia

Prekmurska gibanica adalah hidangan asal Slovenia berupa layered pastry berisi apel, poppy seedswalnut, kismis, dan quark (produk olahan susu berbentuk gumpalan). Fakta menariknya, kue ini pernah dinobatkan sebagai satu dari 50 kue ulang tahun nasional untuk ulang tahun Uni Eropa yang ke-50 pada tahun 2006.