Ragam Kreasi Hidangan Lobster Yang Super Enak

wisatakuliner.org, Indonesia – Biasanya lobster hanya bisa disantap disaat kondisi tertentu saja karena harganya yang sangat mahal dan condong dengan masakan mewah dan hanya terdapat di restoran. Akan tetapi, saat ini lobster bisa dibeli dengan harga yang murah. Jenis lobster yang tidak begitu menguras kantong ialah lobster cilacap. Meskipun murah, tetapi rasanya tidak kalah enak. Bagi anda para pecinta lobster, tapi sedang akhir bulan, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membuatnya sendiri. Selain lebih murah, porsinya juga bisa lebih banyak daripada beli di restoran mewah.

1. Lobster bakar saus BBQ

Pertama yang anda harus lakukan adalah mencuci bersih lobster. Setelah itu potonglah lobster menjadi 2 bagian. Setelah itu taburilah dengan garlic powder, bubuk jamur, dan oregano. Diamkan selama 2 jam dikulkas, sishkan. Lalu panggang lobster yang sudah dimarinasi, kurang lebih 5 menit, panggang bagian dalam daging lobster menggunakan gas torch, kurang lebih 7 detik untuk setiap lobster dengan api yang kecil secara merata. Angkat dan sisihkan.

Panaskan minyak, tumis bawang bombai, bawang putih, paprika merah, tomat sampai wangi. Masukkan gula palem, cuka, kecap inggris, lada bubuk, dan garam. Aduk hingga matang. Matikan kompor lalu blender halus bumbu. Cicipi rasa, sesuaikan sendiri sesuai selera. Tambahkan bubuk cabe bila ingin rasa yang pedas. Lobster panggang siap disajikan dengan cocolan saus bbq, selamat menikmati.

2. Lobster Garlic Lemon Butter

Tidak jauh beda dengan menu sebelumnya, hidangan ini sangatlah sederhana dan enak. Rasa asam yang segar dari perasan air lemon dan gurihnya mentega sangat cocok dan hidangan ini mirip seperti di restoran yang mewah.

Cuci bersih lobster, kemudian belah dua dan buang organ dalamnya. Marinasi dengan taburan garam, merica, bubuk paprika/cabe, dan perasan air lemon diamkan selama 30 menit. Haluskan bawang putih, sisihkan. Lelehkan mentega tawar. Campur lelehan mentega dengan bawang yang sudah dihaluskan. Tambahkan perasan air lemon, garam, dan merica.

Panaskan wajan. Panggangan lobster di atas wajangan dengan api yang kecil. Olesi dengan campuran saus mentega dan bawang. Balik lobster, olesi kembali dengan saus mentega dan bawang. Jika sudah matang merata, angkat dan sajikan bersama sayur dan sisa saus mentega bawang.

3. Lobster Goreng Mentega

Bumbu mentega menjadi bumbu favorit orang-orang karena praktis dan enak. Selain dibakar atau ditumis langsung dengan bumbu, lobster juga bisa digoreng terlebih dulu seperti sajian ini. Setelahnya, lobster digoreng, lalu ditumis dengan mentega dan aneka saus yang dijamin akan memanjakan lidah Anda!

Belah memanjang punggung lobster, buang kotorannya dan cuci hingga bersih. Marinasi udang dengan bawang putih, garam, dan lada diamkan selama 30 menit, sisihkan. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng udang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Panaskan mentega hingga meleleh, lalu tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, garam, lada, dan air secukupnya. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Lalu masukan lobster goreng tadi, aduk dan masak hingga bumbu meresap. Matikan api dan lobsterpun siap disajikan.

4. Lobster Saus Padang

Masakan laut dengan bumbu saus padang memang selalu juara. Rasa pedas dan gurihnya membuat ketagihan dan membuat ingin terus nambah. Meski dimasak sederhana, olahan lobster segar sudah akan memberikan citarasa maksimal. Dagingnya yang lembut dan manis alami akan semakin lezat dicocolkan ke dalam saus pedas dan gurih ala Padang ini.

Belah 2 lobster, buang bagian dalamnya. Cuci bersih. Lumuri garam dan lada, diamkan selama 10 menit. Goreng lobster hingga matang. Sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit, sisihkan. Panaskan mentega. Tumis bawang bombai hingga layu.

Masukan bumbu halus dan cabai merah besar. Tumis hingga harum. Masukan saus sambal, saus tomat, kecap manis, saus tiram, dan kecap inggris. Aduk rata. Tuang air dan bumbui dengan lada, garam, dan gula. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya. Masukan lobster dan aduk hingga lobster tercampur rata dengan bumbu. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan siap disajikan.

5. Lobster Asam Manis

Seperti namanya, sajian asam manis ini memadukan cita rasa asam dan manis yang segar apabila disantap. Saus asam manis ini bisa dibuat dengan mudah dari saus tomat botolan. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih asam dan pekat, anda bisa juga bisa membuatnya dari puree tomat yang banyak dijual di dalam kemasan kaleng. Saus ini sangat cocok apabila dipadukan dengan lembutnya daging lobster.

Yang pertama – tama belah lobster menjadi dua bagian. Dan kemudian cuci bersih lobster tersebut, marinasi lobster dengan air perasan jeruk nipis, garam, dan lada. Sisihkan dalam wadah, lalu masukan saus tomat, saus sambal, kecap manis, perasan jeruk nipis, garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk hingga merata, dan sisihkan.

Goreng lobster setengah matang, angkat dan sisihkan. Panaskan mentega. Tumis bawang bombai hingga harum. masukan bumbu. Masak hingga bumbu mengental. Koreksi rasanya. Masukan lobster dan masak sebentar. Angkat dan sajikan.

6. Lobster Lada Hitam

Selain masak saus asam manis dan saus padang, lobster juga lezat anda sajikan dengan bumbu lada hitam. Sajian ini cocok bagi anda yang tidak bisa menyantap sajian pedas yang menggigit. Cita rasanya gurih dan sedikit pedas cenderung hangat, berpadu nikmat dengan daging lobster lembut dan manis.

Belah lobster menjadi dua bagian. Kemudian cuci bersih lobster. Marinasi lobster garam dan lada bubuk. Panaskan minyak. Goreng lobster hingga berubah warna. Angkat dan sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe hingga harum.

Masukan lada hitam. Tumis lagi hingga harum. masukan lobster. Tuang sedikit air dan beri saus tiram, kecap, garam, dan gula. Aduk rata. Masak hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Beri larutan maizena, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap. Masukan daun bawang. Angkat dan sajikan.