10 Ide Kreasi Olahan Kepiting Yang Mudah Dibuat dan Pastinya Bikin Ketagihan

wisatakuliner.org, Kepiting – Banyak makanan laut yang disukai oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kepiting. Meskipun herganya terbilang lumayan cukup mahal, akan tetapi tetap banyak orang yang rela merogoh kocek dalam demi menikmati kelezatan kepiting. Hewan yang bercapit ini sebenarnya bisa anda olah sendiri di rumah. Ada beberapa olahan yang mudah dibuat dan bahannya terbilang sederhana. Contohnya beberapa ide kreasi olahan kepiting berikut ini.

1. Kepiting saus tiram

Olahan saus tiram bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang gak mau terlalu ribet. Bahan-bahannya mudah dijumpai dan terjangkau, seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, kecap ikan, maizena, telur, dan saus tiram.

2. Kepiting saus padang

Pecinta cita rasa yang pedas bisa banget mencoba olahan saus padang. Bumbu – bumbunya yang terbuat dari bahan serupa, seperti olahan saus tiram, akan tetapi di tambah dengan cabai besar, cabai rawit, kmiri, dan kunyit.

3. Kepiting saus Singapura

Olahan yang satu ini adalah masakan kepiting saus Singapura yang terdiri dari saus tomat, saus rajarasa, saus tiram, saus sambal, gula, garam, dan cabai rawit. Olahan ini memiliki citarasa pedas, manis, sekaligus gurih.

4. Kepiting asam manis

Olahan asam manis sering menjadi favorit dan mudah dijumpai dirumah makan seafood. Bahan – bahannya sederhana, akan tetapi masih tetap lezat. Diantaranya bawang merah, bawang putih, jahe, saus tiram, saus sambal, kecap manis, gula, dan garam.

5. Kepiting kuah kumis pedas

Penyuka pedas wajib cobain olahan kepiting kuah kuning pedas. Olahan ini terdiri dari bawang putih, kemiri, cabai rawit, kunyit, daun salam, sereh, lengkuas, gula, dan garam.

6. Kare kepiting

Olahan yang berkuah lainnya yang memiliki rasa menggoda adalah kare. Cara membuatnya juga sama seperti kare pada umumnya. Kepiting dimasukan setelah semua rebusan bumbu yang mendidih dan masak beberapa saat hingga sampai matang. Bahan – bahannya terdiri dari daun jeruk, serai, daun salam, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jintan, dan santan.

7. Kepiting sus terlur asin

Olahan saus telur asin kerap digunakan pada aneka sajian olahan laut, termasuk kepiting. Olahan ini memiliki rasa asin yang gurih dan memiliki rasa sedikit manis. Bahan – bahannya terdiri dari telur asin yang sudah dihancurkan, mentega, saus tiram, saus inggris, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

8. Kepiting goreng tepung

Olahan goreng tepung biasanya menggunakan kepiting cangkang lunak atau yang biasa dikenal dengan kepiting soka. Kepiting dicelupkan ke dalam adonan yang terdiri dari bawang putih, telur, terigu, maizena, garam, merica, lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Olahan ini termasuk menu yang praktis, tapi begitu nikmat.

9. Kepiting saus mentega

Olahan saus mentega ini memiliki rasa yang asin dan gurih. Bahan – bahannya berupa bawang Bombay, bawang putih, garam, kecap manis, gula, dan mentega.

10. Sup kepiting

Ingin merasakan kepiting dengan olahan yang sedikit berbeda? Kamu bisa mencoba olahan sup kepiting. Daging kepiting dengan tekstur yang sangat lembut, sehingga cocok dijadikan sup. Biar makin lezat, kamu bisa menambahkan wortel, jagung, dan asparagus.

Itulah sepuluh olahan kepiting yang paling populer dan bisa jadi ide masakanmu selanjutnya. Mana saja yang sudah kamu cobain, nih?