6 Street Food Spanyol Yang Wajib Kalian Coba!

Wisatakuliner.org, Spanyol – Jika membahas soal street food asal Spanyol, tentu kalian langsung terbayang churrosnya yang enak nan lezat itu kan? Namun, perlu kalian ketahui kalau Spanyol memiliki banyak sekali street food lainnya yang enak seperti churros loh! Penasaran street food apa saja itu? Yuk simak!

1. Patatas Bravas

Patatas bravas merupakan salah satu jajanan populer asal Madrid yang berbahan dasar kentang. Jajanan ini dibuat dengan cara potongan kentang yang digoreng dan dihidangkan dengan saus. Saus tersebut terbuat dari campuran tomat, cabai, bawang bombai, bawang putih, paprika dan cuka. Selain Madrid, kalian juga bisa menemukan hidangan ini dihampir seluruh daerah di Spanyol.

2. Bocadillo

Masyarakat Spanyol biasa menikmati bocadillo untuk menu makan siang. Sandwich ini terdiri dari roti panjang dengan sedikit rasa manis dan isi dengan isian yang bermacam-macam. Kalian dapat mengisi bocadillo ini dengan keju, daging, bacon, sayuran, ikan, telur atau bahkan coklat. Pokoknya, segala macam isian yang cocok dengan bocadillo.

Bocadillo juga disajikan dengan saus, seperti saus tomat, mustard ataupun mayones. Kalian juga bisa menikmati bocadillo dengan berbagai minuman, mulai dari wine, bir hingga kopi.

3. Pinchitos

Pinchitos merupakan kebab versi Spanyol yang terbuat dari daging ayam atau daging kambing. Hidangan ini dibuat dengan cara membumbui daging dengan minyak zaitun dan rempah-rempah seperti bawang putih, paprika, oregano, lada, garam, jintan putih dan thyme. Setelah itu, pinchitos akan dibakar dengan arang dan dihidangkan dengan nasi hangat.

Kalau di Indonesia, hidangan ini sangat mirip seperti sate.

4. Paella Valenciana

Paella juga merupakan salah satu street food terpopuler di Spanyol yang awalnya berasal dari daerah Valencia. Paella valenciana dipercaya sebagai paella paling orisinil yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan saffron, rosemerry, kacang-kacangan, ayam, kelinci dam bebek. Selain paella valenciana, terdapat juga beberapa jenis paella lainnya seperti seafood paella dan mixed paella.

5. Leche Frita

Leche frita alias susu goreng merupakan salah satu jajanan yang berasal dari bagian utara Spanyol. Hidangan ini dibuat dengan cara susu mengocok susu, gula, tepung dan kuning telur hingga mulai memadat. Setelah itu, adonan dibentuk, dibalur dengan tepung roti dan digoreng hingga renyah. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa tambahkan gula cair dan taburan kayu manis juga kadang-kadang ditambahkan ke leche frita.

6. Berenjenas Con Miel

Berenjenas con miel merupakan salah satu cemilan berupa terong yang dibalur tepung dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini dapat dihidangkan dengan madu dan ditabur dengan parutan kulit lemon agar lebih juicy. Street food yang satu ini banyak ditemukan di daerah Andalusia.

Nah, itulah beberapa street food Spanyol yang harus dan wajib kalian coba. Mana street food yang mau kalian coba dahulu?