7 Kudapan Gulung Khas Indonesia yang Lezatnya Menggugah Selera,Dijamin Bikin Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Selain rasa, bentuk suatu hidangan juga menjadi syarat menarik perhatian para penikmatnya. Dibungkus dengan daun pisang atau memiliki bentuk segitiga hingga bulat, ada pula makanan yang digulung itulah beberapa penampilan makanan khas Indonesia. Seperti 7 kudapan gulung berikut ini lezatnya bikin ketagihan, apa sajakah ?

  1. Bolu Gulung

Dengan beraneka ragam rasa dan topping, bolu gulung adalah camilan gulung yang manis dan cocok sekali dijadikan sebagai hidangan penghibur lidah saat sedang santai.

Bisa ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat, lezatnya bolu gulung tidak hanya akrab di lidah Indonesia. Di negara barat, hidangan ini disajikan begitu istimewa dengan tampilan yang menarik bahkan menjadi dessert dengan harga cukup fantastis jika telah masuk restoran.

  1. Lumpia

Lumpia gurih ini sudah terkenal dari kota Semarang, lezatnya ada di setiap gigitan. Baik lumpia basah atau digoreng, keduanya sama-sama memiliki rasa yang nikmat. Apalagi jika sudah dipandu dengan saus sambal, bikin nagih untuk menikmatinya.

Camilan gulung yang merupakan kuliner Tionghoa ini memiliki pilihan isian seperti rebung, daging ayam, atau seafood. 

  1. Dadar Gulung

Camilan dadar gulung ini identik dengan isian parutan kelapa yang diolah bersama gula Jawa. Sedangkan pada bagian kulit luarnya memiliki rasa gurih menjadi perpaduan rasa yang luar biasa nikmat.

Supaya menarik perhatian para foodies, kulit dadar gulung biasanya dibuat warna-warni atau satu warna yang berasal dari pewarna makanan dan bikin siapa saja yang menatapnya tak kuasa untuk segera menyantap.

  1. Sosis Solo

Serupa dengan lumpia, perbedaan terletak pada kulitnya yang di mana lumpia menggunakan kulit pangsit yang memiliki penampilan sedikit lebih ramping ketimbang sosis Solo.

Untuk isian, sosis Solo bisa dibilang full daging sapi atau ayam. Cara menikmati sosis Solo paling mantap yaitu menyantapnya bersama cabai rawit hijau yang bikin cita rasa jadi mengesankan begitu sampai di lidah.

  1. Kue Semprong

 Kue ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa yang di gulung dengan rasa yang khas dan unik. Kue semprong juga hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga  yang serupa dengan kipas dan persegi  panjang. Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah dan gurih bikin kamu tidak berhenti mengunyah.

  1. Sumpia Udang

Sumpia udang sekilas seperti bentuk Lumpia. Bedanya sumpia udang ini berbentuk potongan kecil dan padat isinya dengan kenikmatan lezatnya saat menyantapnya. Camilan gulung nan mungil ini bikin candu setiap kali mengunyahnya. Jadi oleh-oleh khas Medan, sumpia udang yang renyah di bagian luar ini punya isian berupa abon udang yang manis dan krenyes.

  1. Pisang Coklat / Piscok

Selain banana nugget yang sedang kekinian saat ini, ada piscok atau pisang coklat yang dahulu hingga sekarang masih setia dengan kesederhanaan cipta rasa yang mengguyah selera.

Cara pembuatannya cukup mudah dibuat atau bisa dibeli dari penjual gorengan di pinggir jalan, pisang coklat salah satu camilan gulung yang nikmat rasanya membuat ketagihan.