Beraneka Olahan, Ini 6 Variasi Telur Rebus dari Berbagai Seluruh Dunia

Wisatakuliner.org, Dunia – Telur rebus memang praktis untuk dibuat dan dinikmati. Sebutir telur rebus pun juga kaya akan protein, lemak baik, dan vitamin bagi tubuh. Namun, rasanya yang cenderung tawar tentu membuat kalian merasa bosan kan?

Nah, agar kalian tidak bosan menyantap telur rebus, disini kami sudah rangkumkan, 6 variansi bagaimana penduduk dunia lainnya menikmati olahan telur rebus. Dijamin, setelah ini kalian gak akan bosan lagi memakan telur rebus.

  1. Scotch Egg, Inggris

Scotch egg merupakan hidangan khas Inggris yang biasa dinikmati saat sedang berpiknik. Hidangan ini dibuat dengan cara membalut telur rebus (matang atau setengah matang) dengan daging, kemudian dibalur dengan tepung roti dan dipanggang atau digoreng hingga renyah. Agar lebih nikmat, scotch egg dapat ditaburi dengan garam dan lada serta disajikan dengan mustard.

  1. Doro Wat, Etiopia

Doro wat adalah hidangan yang mirip rendang khas Indonesia namun ternyata ada juga berasal dari Etiopia. Hidangan ini terbuat dari ayam dan telur rebus yang dimasak dengan kaldu ayam dan berbere pasteBerbere paste itu sendiri terdiri dari rempah-rempah yang telah dihaluskan seperti jahe, kapulaga, ketumbar, pala, cengkih, kayu manis, paprika, dll. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi ataupun roti.

  1. Egg Salad, Amerika Serikat

Egg salad terbuat dari telur rebus yang dipotong atau dicincang dan dicampur dengan mayones, mustard, seledri, bawang, garam, dan lada. Egg salad biasanya digunakan sebagai isian sandwich atau topping pada salad sayuran. Jika suka pedas, kalian juga dapat menambahkan sedikit bubuk paprika di atas egg salad tersebut.

  1. Egg Curry, India

Egg curry alias kari telur India dibuat dengan cara menggoreng beberapa butir telur rebus terlebih dahulu. Setelah itu, telur disisihkan dan rempah-rempah seperti daun salam, jintan, kapulaga, dan cengkih ditumis sebentar. Kemudian, rempah-rempah lainnya seperti bawang putih, jahe, bubuk cabai, garam masala, bubuk ketumbar, dan bubuk kunyit ditambahkan.

Tumisan dibumbui dengan garam dan gula, lalu ditambahkan air agar membentuk kuah kari. Telur rebus yang telah digoreng kemudian dimasukkan dan dimasak sebentar. Kari telur lalu disajikan dengan taburan daun ketumbar dan biasanya dinikmati bersama naan ataupun nasi.

  1. Deviled Egg, Italia

Deviled egg adalah hidangan pembuka asal Italia berupa telur isi. Hidangan ini dibuat dengan cara membelah telur rebus menjadi setengah dan mengeluarkan kuning telurnya. Kuning telur tersebut kemudian dicampur dengan mayones dan mustard. Saus yang terbentuk lalu diisikan ke dalam telur dan telur ditaburkan dengan bubuk paprika.

Oh ya, kalian juga dapat menambahkan berbagai topping di atasnya, mulai dari bacon, salmon, keju, hingga cabai.

  1. Egg Sarciado, Filipina

Egg sarciado adalah hidangan khas Filipina yang dibuat dengan cara menumis tomat atau saus tomat dengan bawang putih dan bawang bombay. Setelah itu, kentang dan wortel dimasukkan dan dimasak hingga lunak, kemudian ditambahkan garam, lada, dan beberapa butir telur rebus. Sedikit daun bawang kemudian ditaburkan dan telur dimasak selama 2 menit sebelum akhirnya dihidangkan.