8 Cemilan Khas Quiapo Market, Pasar Tradisional Terbesar di Filipina

Wisatakuliner.org, Filipina – Berada di kota Manila, Quipo Market merupakan salah satu pasar tradisional terbesar yang namanya sudah cukup terkenal di Filipina. Pasar yang terletak di dekat Gereja Quipo ini menjual berbagai macam barang mulai dari kebutuhan rumah tangga, buah-buahan, sayuran, pakaian dan salah satu yang menarik disini adalah cemilannya yang menggiurkan!

Quiapo Market salah satu pasar tradisional yang buka 24 jam setiap harinya, Penasaran apa saja cemilan yang lezat nan menggiurkan tersebut? Yuk ikuti ulasan dibawah ini.

1. Sotanghon

Jika kamu datang pagi-pagi ke Quiapo Market, nikmatilah kehangatan semangkuk sotanghon yang cukup lezat dan mengenyangkan. Cemilan ini tak lain adalah Soun atau mie halus dengan kuah gurih ditambah dengan pelengkap telur ayam rebus, potongan kacang panjang dan terdapat pula suwiran daging ayam.

2. Palabok / Pancit

Selain sotanghon, ada pula palabok yang dapat menjadi pilihan kedua ketika kamu dilanda lapar di pagi hari. Palabok atau Pancit merupakan makanan goreng yang bisa dibuat dari mie, bihun atau sohun. Meski terlihat digoreng namun palabok terlihat basah dan kental yang berasal dari petis. Isian palabok dilengkapi pula dengan irisan daging maupun kulit babi, udang atau seafood lainnya.

3. Isaw

Usus ayam atau usus babi, menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan isaw. Sate usus khas Filipina yang disajikan dengan menggunakan saus terbuat dari air cuka dengan irisan bawang merah.

4. Dried squit

Gurih, renyah dan bertekstur kering merupakan salah satu gambaran ketika kalian menggigit dried squit untuk pertama kali. Cemilan ini adalah cumi-cumi yang dikeringkan dimana cemilan ini merupakan salah satu cemilan khas Quiapo Market yang digoreng hingga warnanya keemasan. Sama hal nya dengan isaw cemilan ini juga disantap dengan menggunakan air cuka dan irisan bawang merah.

5. Kwek-kwek

Si bulat berwarna orange ini adalah salah satu cemilan goreng yang terbuat dari telur puyuh rebus yang sebelumnya dibalut terlebih dahulu dengan menggunakan tepung jagung, bubuk anatto, lada dan garam.

6. Chicken ball sauce

Bakso gak melulu terbuat dari daging sapi maupun ikan. Di Quiapo Market, kalian akan menemukan chicken ball sauce yang terbuat dari daging ayam, yang dilengkapi dengan saus tomat atau saus sambal.

7. Turon

Jajanan renyah dan manis ini hampir mirip dengan gorengan pisang cokelas khas dalam negeri, hanya saja Turon menggunakan gula merah sebagai rasa manis nya. Selain itu di dalam turon yang dibungkus kulit lumpia tidak hanya potongan buah pisang tetapi juga dilengkapi dengan irisan ubi dan buah nangka.

8. Kikiam

Dari bentuk menyerupai sar kok liew khas Ipoh, kikiam adalah jajanan yang terbuat dari daging babi cincang yang di campur dengan udang, bumbu rempah-rempah, serta tepung jagung, kemudian digoreng kering. Kikiam biasa disajikan dengan menggunakan saus tomat maupun saus sambal.

Nah, itulah beberapa cemilan khas Quiapo Market di Manila, Filipina. Kamu tinggal pilih mau cemilan seperti apa, yang halal atau non halal. Bagi kalian yang hendak berlibur ke Manila jangan lupa mampir ke pasar tradisional Quiapo Market untuk belanja dan berburu cemilan yang diulas diatas ya!