5 Olahan Saus Khas Indonesia dengan Aneka Citarasa, Bikin Lidah Ketagihan

Wisatakuliner.org, Indonesia РDi seluruh dunia terdapat berbagai macam saus dengan rasa khasnya masing-masing dalam menyempurnakan jenis makanan. Indonesia juga memiliki saus- tradisional khas dari berbagai daerah, dengan rasa  pedas, gurih, asin sampai manis. Keberadaannya menjadi pelengkap makanan khas daerah. Berikut simak 5 macam saus tradisional khas Indonesia.apa saja?

  1. Saus Kacang

Indonesia memiliki beragam hidangan dengan saus kacang yang super lezat ini. Siapa yang tidak kenal deretan makanan dengan saus kacangnya mulai dari gado-gado,karedok, sate ayam, pecel hingga rujak ?

Rasa saus kacang untuk tiap hidangan pun memiliki rasa khasnya tersendiri, sehingga walaupun dipadukan dengan berbagai macam bahan makanan, rasa tiap hidangan tetap enak dan khas tentunya.

  1. Saus Padang

Makanan dengan saus padang paling sering ditemukan pada hidangan olahan seafood. Dengan bumbu khas perpaduan warna merah dan oranye, saus ini punya rasa pedas dan gurih yang bikin orang ketagihan ingin cepat mencicipinya lagi dan lagi. Salah satu hidangan yang populer adalah kepiting saus padang.

  1. Cuko Pempek

Cuko pempek atau kuah cuka pelengkap pempek khas Palembang ini memiliki peranan penting untuk membuat rasa pempek menjadi sempurna. Sama seperti saus lainnya, cuko pempek akan diguyur di atas pempek, bahkan ada yang memilih untuk membuat pempeknya terendam dengan cuko ini.

Cuko pempek yang enak haruslah pedas, gurih dan kental. Pempek yang rasanya biasa saja akan menjadi lebih nikmat dengan cuko yang enak.

  1. Saus Gula Merah

Saus manis ini identik dengan jajanan tradisional. Saus gula merah akan diguyur di atas kue lupis, cenil, ketan dan berbagai macam jajanan tradisional yang mengingatkan kembali rasa tradisional khas Indonesia. Beberapa daerah menamai saus ini dengan sebutan kinca.

Untuk melengkapinya biasanya ditambahkan juga kelapa parut. Rasanya membuat kembali pada kenangan masa kecil, lezat!

  1. Saus Santan

Serupa seperti saus gula merah, saus santan sering menjadi pelengkap jajanan tradisional. Bubur ketan, gemblong, klepon, bola ubi adalah beberapa makanan yang sering dipadukan dengan saus santan di atasnya. Cara membuatnya pun sangat mudah hanya dengan memasak santan dengan sedikit garam.

Guyuran saus santan membuat jajanan tersebut memiliki kombinasi manis dan gurih. Ada juga saus santan yang diolah khusus dengan tambahan bahan-bahan tertentu sehingga menjadi lebih kental, salah satunya digunakan untuk mengguyur es pisang ijo.