6 Olahan Makanan Menggunakan Sambal Hijau, Di Jamin Lahap!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Jika kamu mendengar kata sambal hijau pasti langsung terpikir tentang masakan khas Sumatera Barat yang pedas dan bikin ketagihan. Sambal hijau memang menjadi salah satu pelengkap di restoran Padang yang peminatnya selalu ramai. Selain masakan masakan Padang, ada beberapa masakan lainnya yang harus kamu coba, dijamin makanmu semakin lahap! Apa saja? Yuk ikuti ulasan dibawah ini.

1. Lidah sapi sambal hijau

Meski bagian tubuh yang satu ini jarang diminati namun rasa dari lidah sapi sambal hijau ini tidak pernah mengecewakan. Mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut ditambah ulekan sambal hijaub yang kasar. Buat kamu nambah lagi pastinya.

2. Ikan asin tumis sambal hijau

Menu ini merupakan salah satu menu khas Sunda yang tidak boleh kamu lewatkan. Ikan asin yang dipakai biasa jenis ikan asin bulu ayam yang ditumis dengan menggunakan cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih serta potongan tomat hijau. Campuran dari rasa tomat hijau segar serta memiliki rasa asin dan pedas yang pas dimulut buat kamu lupa timbangan!

3.Ikan tongkol sambal hijau

Masih dengan makanan yang berbau ikan, kali ini ikan tongkol menjadi bahan utama dalam pembuatan menu yang satu ini. Ikan tongkol dipotong dadu atau disuwir agar bumbu meresap. Ikan tongkol balado hijau ini tidak memiliki rasa amis karena sambal hijaunya yang sudah memiliki aroma yang kuat. Menu yang satu ini cocok buat kamu yang suka makan ikan namun tidak suka dengan aroma yang menyengat.

4. Ayam sambal hijau

Tidak ada yang bisa menolak nikmatnya olahan berbahan dasar ayam. Meskipun sangat sering dijumpai dalam makanan sehari-hari tapi ayam sambal hijau mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Ayam biasanya diberi bumbu kuning atau bumbu ungkep sebelum digoreng lalu disajikan dengan sambal hijau di atasnya.

5. Jengkol sambal hijau

Makanan lain yang tak kalah terkenal adalah jengkol sambal hijau. Meskipun memiliki aroma yang menyengat namun makanan ini sangat diminati oleh sebagian orang. Jengkol memiliki banyak sekali variasi yang dapat kamu buat mulai dari jengkol rendang, semur jengkol dan jengkol goreng dengan sambal hijau. Apalagi kalau ditambah teri kecil-kecil bikin auto laper!

6. Cumi asin sambal hijau

Masih ada satu masakan sambil hijau yang mempunyai kenikmatan yang luar biasa. Cumi sambal hijau biasanya dimasak menjadi sambel dengan menggunakan cumi asin kecil. Tetapi jika di kulkas hanya ada cumi besar tidak jadi masalah. Kamu tetap bisa mengolahnya dan menikmati lezatnya masakan laut dengan paduan hijau yang enak banget.

Dari keenam masakan diatas, mana makanan yang menjadi favorit kamu?