Berwisata Ke Sabang, Inilah 7 Kuliner Khas Sabang Yang Lezat

Wisatakuliner.org, Sabang – Kota Sabang terkenal sebagai salah satu titik terluar Indonesia yang berada di utara pulau Sumatera. Namun, tak hanya itu daya tarik dari Kota yang berada di Provinsi Aceh ini juga menyimpan ragam kuliner khas lezat. Ke Sabang tanpa mencicipi ke-khas-an dari berbagai makanan di Kota Sabang tentu akan membuat perjalanan ke Sabang terasa lebih hambar. Inilah rekomendasi berbagai kuliner khas Sabang yang wajib anda coba.

1. Rujak 0 kilometer

Salah satu wisata khas sabang adalah “tugu 0 kilometer”. Selain merasakan pengalaman menapakkan kaki anda di titik 0 kilometer nusantara, anda juga bisa mencicipi kuliner khas sabang yaitu rujak 0 kilometer yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat setempat dan juga para turis. Sekilas komposisi dari buah – buahan pada kuliner rujak khas sabang ini terlihat sama. Akan tetapi keunikan dari pengalaman ini adalah saus sambal rujak yang disiram atau digunakan untuk cocolannya. Tidak hanya menggunakan gula aren dan cabai, sambal rujak ini juga ditambahkan buah rumbia yang telah dihancurkan hingga halus. Cita rasa buah rumbia yang asam dan sepat ini membuat saus sambal rujak ini menjadi segar dan unik.

2. Sate gurita

Sate ayam ataupun sate kambing mungkin sudah biasa. Berkunjung ke sabang, anda bisa menemukan varian sate yaitu sate gurita. Tekstur dari kuliner khas sabang ini kenyal dan umumnya disajikan dengan sambal bumbu padang ataupun sambal kacang yang bisa anda pilih sesuai selera.

3. Mie pingsun

Kuliner khas sabang selanjutnya adalah mie pingsun. Kuliner satu ini juga sangat popular dengan julukan “mie bang mandra”. Ciri khas yang membedakan mie ini dibandingkan dengan kuliner mie lainnya adalah komposisinya yang menggunakan ragam seafood seperti ikan, udang cumi – cumi, lengkap dengan sayuran.

4. Mie jalak

Selain mie pingsun, kuliner mie khas sabang lainnya yang bisa anda cicipi adalah mie jalak. Dinamakan jalak karena penjualnya pertama kuliner khas sabang ini bernama pak jalak. Sekilas mie ini terlihat layaknya panganan mie pada umumnya, akan tetapi yang menjadi ciri khas dari makanan sabang ini adalah taburan daging ikan yang gurih diatasnya.

5. Mie sedap sabang

Sabang memang surga bagi pecinta kuliner mie. Makanan khas Sabang yang populer selanjutnya juga merupakan olahan mie yang dikenal dengan nama “Mie Sedap”.

Layaknya olahan kuliner mie khas Sabang, mie sedap juga dilengkapi dengan taburan daging ikan. Olahan bumbu yang turun-temurun menjadi rahasia kelezatan kuliner yang masih banyak digemari masyarakat Sabang hingga saat ini!

6. Gulai kambing sabang

Untuk anda yang pecinta daging kambing, gulai kambing khas sabang tentunya tidak boleh sampai anda lewatkan saat berkunjung ke sabang. Dengan aroma dan cita rasa rempah yang sangat kuat, dijamin lidah anda akan dimanjakan dengan lekezatan kuliner khas sabang yang satu ini.

7. Kedai kopi pantai jaya

Rekomendasi tempat menjajal keunikan kuliner khas sabang selanjutnya adalah kedai kopi pantai jaya. Bukan makanan yang terkenal dari kendai ini adalah sajian kopi yang khas. Kedai yang konon telah ada sejak tahun 1980 silam ini menyajikan tiga rasa jenis kopi yaitu: takengon, tangsi, dan singli yang masing – masing memiliki cita rasa kuat akan khasnya.