10 Cemilan Bersaus Ini Lezat Banget Disantap Saat Santai, Awas Ketagihan!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Setiap cemilan mempunyai rasanya masing-masing tergantung bagaimana meracik resepnya dengan benar. Cemilan merupakan salah satu makanan yang selalu diincar oleh semua orang karena selain murah dan lezat. Cemilan kini memiliki banyak varian yang bisa kamu nikmati tetapi tidak lengkap jika tidak ada saus yang mendampingi. Berikut ada beberapa cemilan yang lezat dan lengkap jika dipakai saus. Apa saja itu? Yuk ikuti kami.

1. Cilok

Berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang kenyal, cilok termasuk dalam cemilan pinggir jalan yang selalu dicari oleh semua orang. Selain harga yang murah, cemilan ini mudah di dapatkan. Cilok terbuat dari tepung tapioka, tepung terigu dan bumbu. Si bulat ini masal dengan cara direbus lalu di tambah dengan saus kacang yang gurih dan manis.

2. Cheung fun

Cheung fun hampir sama dengan tteok asal Korea Selatan. Hanya saja, cemilan khas Hongkong ini memiliki isian berupa udang berbumbu.

Selain ini, cheung fun identik dengan saus hitam yang terbuat dari kecap asin, kecap manis, irisan jahe, gula, saus tiram, minyak dan garam lalu diberi taburan wijen diatasnya.

3. Dango

Camilan khas Negeri Sakura, Jepang, ini seperti cilok yang memiliki bentuk bulat, ditusuk menggunakan tusukan, serta teksturnya kenyal jika digigit.

Dilengkapi dengan saus yang terbuat dari kecap asin, gula, mirin dan tepung jagung, dango berbahan dasar tepung ketan dan tepung beras.

4. Goon mandu

Goon mandu merupakan pansit goreng yang diberi isian daging cincang dan sayuran. Cemilan asal Korea Selatan ini makin nikmat karena saus hitam yang terbuat dari racikan kecap asin, cuka, gula, lada dan cabai merah gochugaru.

5. Churros

Cemilan ini berasal dari Negeri Matador, Spanyol. Identik dengan bentuk panjang, cemilan ini biasanya menjadi menu sarapan pagi. Cemilan ini tak lain adalah roti goreng bertabur gula bubuk yang dipadu dengan saus cokelat. Saus cokelat pada churros memiliki banyak sekali resep yang dapat kamu gunakan mulai dari cokelat dan heavy cream, cokelat karamel dan cokelat selai kacang.

6.Dan bing

Populer di kawasan Asia Timur seperti Taiwan, Hong kong, dan Tiongkok, dan bing memiliki saus yang terbuat dari kecap asin, cuka, minyak wijen, minyak cabai dan bawang putih.

Dan bing sendiri adalah crepes yang terbuat dari campuran tepung, telur dan memiliki toping taburan irisan daun bawang.

7. Samosa

Dari nama pasti kalian sudah tahu, dari mana asal si renyah ini? Yup, India! Renyahnya samosa yang kaya rempah dan memiliki isian berupa tumbukan kentang, kacang polong, paprika dan wortel, makin lengkap apabila disajikan bersama fresh mint sauce.

Fresh mint sauce terbuat dari daun mint, garam, cuka anggur dan gula. Tidak hanya fresh mint sauce, samosa nikmat pula disantap dengan mango chutney.

8. Kibbeh

Bakso goreng yang populer di Timur Tengah ini terbuat dari daging sapi maupun daging domba giling yang dimasak bersama bumbu kaya rempah. Kibbeh biasa disantap dengan saus tahini yang terbuat dari tahini, persan lemon, bawang putih, garam dan jintan.

9. Empenadas

Empenadas atau panada, camilan asal Spanyol yang populer di berbagai negara kawasan Amerila Selatan dan Asia Tenggara ini memiliki beragam isian mulai dari daging, seafood dan sayuran. Makan empanadas harus didampingi dengan saus sofrito. Saus asal Amerika Selatan yang terbuat dari paprika hijau, paprika merah, daun ketumbar, tomat, bawang putih, oregano dan cabai cubanelle.

10. Acaraje

Cemilan ini berasal dari Brasil dan Afrika Barat. Acaraje terbuat dari fradinho beans atau kacang polong hitam yang ditumbuk kemudian dibentuk bulat dan digoreng.

Setelah matang, acaraje dibelah pada bagian tengah dan diisi dengan isian yang terbuat dari tomat, bawang putih, ketumbar dan udang. Acaraje makin enak disantap dengan menggunakan saus sambal.

Itu tadi sepuluh cemilan bersaus dari berbagai negara yang harus kamu coba!