Jika Berwiasta Ke Flores Jangan Lupa Mencicipi 7 Kuliner Khas Flores

Wisatakuliner.org,Flores – Pulau Flores yang berada di Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang keren di Indonesia, selain Bali dan Lombok. Floresh juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari Labuan Bajo di ujung barat sehingga Larantuka di ujung timur. Floresh selalu menyajikan lanskap alam yang tidak akan membuat anda merasa bosan.

Tidak hanya itu saja, Flores juga memiliki kuliner yang khas, yang wajib anda cicipi saat berkunjung di Nusa Tenggara Timur. Maka untuk itu, berikut rekomendasi dari kami ke tujuh kuliner khas Flores yang enak banget dan pastinya akan membuat anda ketagihan.

1. Se’i

Se’i atau daging asap yang biasanya terbuat dari sapi ataupun babi. Dalam pembuatannya, daging babi atau sapi yang diawetkan melalui proses pengasapan. Setelah itu Se’i dimasak dengan cara digoreng ataupun di tumis dengan bunga papaya.

2. Jangung Catemak

Jangung Catemak adalah makanan khas dari Flores yang berbahan dasar dari jagung, kacang hijau, dan labu. Secara fisiknya, Jagung Catemak ini memang mirip sekali dengan kolak. Akan tetapi, rasa dari jagung Catemak ini cenderung memiliki rasa asin dan gurih.

3. Jagung Bose

Mirip seperti Catemak, jagung Bose ini menjadi hidangan khas masyarakat Flores. Bahan dasar dari pembuatan Bose terbuat dari jagung, dengan tambahan kacang merah. Sangat cocok banget disajikan sebagai cemilan kapan pun itu, baik saat sarapan ataupun malam hari.

4. Rumpu Rampe

Selain makanan yang berbahan dasar jagung, di Flores juga memiliki hidangan lain yang terbuat dari daun papaya dan daun ubi. Rumpu Rampe namanya. Kuliner tersebut banyak sekali ditemukan di Maumere, Rumpu Rampe ini biasanya dimakan dengan ikan bakar.

5. Kue Rambut

Kue Rambut memiliki tekstur yang gurih dan renyah, Kue Rambut ini menjadi kudapan khas masyarakat Nusa Tenggara Timur. Jadi tidak perlu heran lagi jika kudapan ini banyak ditemukan di pusat oleh – oleh khas Nusa Tenggara Timur tepatnya di Flores. Kue Rambut sendiri terbuat dari tepung beras, garam, gula, nira, dan air.

6. Jagung Titi

Selain jagung Bose dan jagung Catemak, Flores juga masih punya Jagung Titi yang menjadi salah satu makanan favorit disana. Biasanya, Jagung Titi dijadikan teman minum kopi saat sore hari maupun di pagi hari.

7. Kolo

Kolo atau bisa disebut juga dengan nasi bambu yang merupakan nasi dibakar dalam sebilah bambu. Bambu yang dipakai juga bukan bambu tua, tapi yang dipakai haruslah bambu mudah dengan panjang sekitar 30cm.

Terlihat sangat menggiurkan dan menggoda ya. Jikalau anda berlibur ke Flores, jangan lupa mencicipi makanan khas yang sudah kami sampaikan ya, di jamin deh pasti akan membuat anda ketagihan dan menjadi betah di Flores.