Liburan Ke Wakatobi, Jangan Lupa Icip – Icip Kuliner Khas Pesisirnya

Wisatakuliner.org ,Wakatobi – Wakatobi adalah tempat wisata yang sangat indah akan alam bawah lautnya yang masih alami dan penuh dengan biota laut yang beragam – ragam. Selain itu wakatobi juga memiliki masakan yang tidak kalah dengan masakan daerah lainnya. Beberapa makanan khas yang sangat lezat dan enak yang pastinya akan membuat anda ketagihan dan pasti akan membuat anda ingin datang kembali ke wakatobi untuk beriwsata bahari dan wisata kulinernya.

Mari kita simak bersama makanan khas wakatobi yang akan memanjakan lidah anda.

1. Kasoami

Makan satu ini merupakan makanan wajib atau pokok bagi masyarakat setempat, jadi jangan heran jika anda berkunjung ke wakatobi maka anda akan melihat masyarakat yang lebih suka makan kasaomi ketimbang makan nasi.

Cara membuat makanan ini juga masih dikerjakan dengan cara tradisional, bahan baku yang dipakai adalah singkong yang telah diparut atau digiling, kemudian hasil dari parutan tersebut diperas sampai kering dan menyisahkan ampas. Hasil ampas yang telah diperas lalu dijemur di bawah terik matahari. Stelah itu kasoami siap diolah dan cetakan yang dipakai berasal dari anyaman daun kelapa yang tua kemudian dibuat berbentuk kerucut.

Proses memasaknya juga dengan cara dikukus, untuk lebih menambah selera biasanya kasoami disasjikan dengan ikan parende ataupun ikan bakar serta sambal colo colo khas wakatobi.’

2. Nasi Bambu / Luluta

Wanci merupakan bagian dari wilayah wakatobi yang terkenal akan makanan khasnya yaitu nasi bambu atau luluta sehingga banyak juga yang menjadikan makanan khas ini sebagai oleh – oleh untuk di bawa pulang.

Nasi bambu atau luluta bambu ini biasanya dioleh dari beras putih atau beras merah dengan campuran santan yang dimasukan kedalam bambu lalu bambu isi beras tersebut di bakar hingga matang.

3. Tombole

Makanan khas yang satu ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan gula merah atau kelapa dan gula pasir. Rasanya begitu lezat dan gurih. Untuk membuat tombole tidak kalah uniknya karena makanan yang satu ini dibuat dengan cara dibakar di atas batu panas, masyarakat biasanya menamakan pembuatan tombole ini dengan nama hebatu. Akan tetapi, waktu dalam pembuatannya juga dilakuakn pada waktu yang tertentu.

Bagi anda yang masih penasaran dengan rasanya dan cara pembuatannya, maka anda boleh datang berkunjung ke wakatobi, dijamin bakalan seru ditambah lagi masyarakatnya yang ramah dalam menjamu para wisatawan.

4. Kapusu

Makanan khas dari wakatobi lainnya adalah kapusu, makanan ini bahan dan proses pembuatannya yang sangat mudah untuk menjadikan makanan ini salah satu makanan favorit masyarakat setempat. Kapusu ini terbuat dari bahan dasar jangung tua. soal pembuatannya cukup mudah yaitu jagung tua yang ditumbuk sampai halus, setelah itu hasil dari tumbukan jagung tersebut dimasak, anda juga bisa menambahkannya dengan kacang merah, air yang digunakan untuk memasaknya juga berupa santan yang kental, kemudian berikan garam secukupnya. Proses memasaknya cukup mudah bukan dan rasanya juga nikmat.

5. Ikan parende

Makanan yang satu ini mengundang selera makan anda yaitu ikan parende. Di wakatobi dikenal dengan hasil seafood yang begitu banyak dan melimpah salah satunya adalah ikan segar. Karena ikannya yang langsung ditangkap dari laut dan diolah langsung pada saat itu juga. Jadi tidak heran lagi jika rasanya begitu nikmat dan segar. Masyarakat biasanya mengelolah ikan segar hasil tangkapan dengan cara memasaknya berkuah dan dinamakan sebagai ikan parende.

Rempah dalam pembuatannya pun sangat segerhana yaitu bawang merah, kunyit, tomat, serai, Lombok, dan garam secukupnya. Biasanya makanan khas yang ini paling komplit disajikan dengan kasoami.

6. Kukure

Makanan yang satu ini terbuat dari bulu babi yang banyak ditemui di dasar perairan tepi pantai, dan pastinya banyak juga ditemukan didaerah Sulawesi tenggara khususnya di kota wakatobi.

Tidak hanya itu saja, makanan ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Akan tetapi untuk proses pembuatannya juga membutuhkan keahlian yang khusus, jadi tidak sembarangan orang bisa melakukannya karena duri pada bulu babi tersebut bisa membuat kita terluka jika tidak berhati – hati.

Cara untuk membuat makanan ini yaitu dengan mengumpulkan seluruh isi atau daging yang ada didalam bulu babi, lalu di bersihkan sebelumnya, setelah  seluruh cangkang terisi dengan daging babi mentah dari bulu babi tersebut, maka dapat dibakar ataupun dikukus dengan api yang kecil. Makananpun siap untuk disantap.

7. Kerang Mutiara/kima

Beraneka ragam hayati didalam laut yang ada di wakatobi cukup membuat siapa saja ingin berkunjung ke tempat wisata ini menjadi tergiur dengan aneka sajian kulinernya. Bagi anda para pecinta seafood silahkan mencoba makanan khas yang satu ini. kima merupakan aneka sajian jenis kerang laut yang memiliki daging yang lumayan nikmat.

Biasanya makanan khas ini paling sering dihidangkan dalam olehan mentah, caranya cukup mudah dengan mengambik isi dalam daging kima kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis, utnuk menghilangkan rasa bau amis, setelah itu anda bisa langsung menyantapnya.

Itulah beberapa kuliner khas wakatobi yang paling enak yang pastinya akan membuat anda semakin betah berlama – lama di kota tersebut, karena selain kuliner yang nikmat, wakatobi juga banyak tempat wisata alam lautnya yang sangat menakjubkan.