6 Jenis Makanan Yang Paling Populer Di Singkawang

Wisatakuliner.org, Singkawang – Singkawang merupakan kota yang terletak di Kalimantan barat ini sedang menjadi sorotan karena berbagai macam tempat wisatanya yang sangat menarik. Terdapat juga berbagai aneka jenis wisata mulai dari wisata Mimi Land Beach, Danau Biru, Taman Cinta Pajintan, Pasar Hongkong, dan masih banyak lagi. Kota yang dijuliki juga dengan nama kota seribu kelenteng ini kebanyakan dihuni oleh sebagian besar masyarakat Tionghua sehingga makanan yang ada disini memiliki perpaduan cita rasa tradisionak khas Indonesia dan China yang pastinya masih sangat terasa. Ada enam jenis makanan khas Singkawang yang harus anda coba, yaitu:

1. Bubur paddas

Bubur paddas menjadi salah satu makanan yang paling diburu saat singga di kota singkawang. Banyak orang yang sering mengira bahwa kalau bubur paddas ini memiliki rasa yang pedas, akan tetapi bubur yang satu ini tidak ada memiliki rasa pedas sama sekali. Cita rasanya malah justru lebih gurih dan asam karena ada campuran jeruk limau. Bubur paddas ini terbuat dari jagung, kangkung, tauge, pakis, kacang tanah goreng, dan ikan teri.

2. Bubur Gunting

Jenis bubur yang satu ini adalah bubur gunting yang memiliki cita rasa yang unik. Bubur gunting ini terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya lalu kacang tersebut dimasak dengan tepung kanji, air gula, dan daun pandan sehingga teksturnya sangat kental dan enak. Dinamakan bubur gunting karena pada bagian atasnya diberi roti cakwe yang digunting kecil – kecil. Bubur gunting biasanya dinikmati sebagai menu sarapan karena bisa sangat menyenangkan.

3. Bubur Tahu

Kota singkawang, produk tahu putih sangatlah banyak sehingga tidak hanya digoreng atau disajikan sebagai cemilan saja, akan tetapi bisa juga dijadikan bubur. Bubur tahu yang terbuat dari kembang tahu yang disiram dengan air jahe manis sehingga menghadirkan rasa yang sangat unik dan menarik saat makanan tahu ini masuk ke dalam mulut. Bubur tahu bisa menghangatkan badan anda saat musim hujan tiba.

4. Mie Tiaw Asu

Kuliner tinghua tidak akan terlepas dari yang namanya makanan mie. Meskipun namanya mie tiau asu, akan tetapi kuliner yang satu ini halal kok. Mie yang digunakan pada kuliner satu ini bentuknya merupakan perpaduan antara kwetiau dan mie kuning dengan tekstur yang agak pipih dan tipis. Mie yang di tumis dengan campuran tauge, daging ayam, sayuran, daging sapi, dan seafood. Yang pastinya akan membuat kuliner yang satu ini adalah sajian dengan perasan jeruk kunci, yakni jeruk limau yang berwarna kuning pada bagian dalamnya.

5. Choi Pan

Ingin  menyantap cemilan yang enak dan tidak bisa anda jumpai di daerah lain? anda bisa menyantap choi pan yang tampilannya sekilas seperti dengan dimsum. Adonan kulir dari choi pan terbuat dari tepung beras dan isidalamnya terbuat dari irisan bengkoang tipis yang dicampur dengan daging ikan, uang, babi, ataupun ayam. Setelah direbus, bagian atasnya diberi taburan bawang putih goreng untuk menambah cita rasa. Menyantap choi pan dengan cocolan kecap asin dan saos pedas akan menjadi lebih nikmat.

6. Rujak Ebi

Yang terakhir adalah rujak ebi yang sangat enak dinikmati saat cuaca sedang terik. Seperti layaknya rujak biasa, rujak ebi terbuat dari aneka macam buah – buahan tropis yang masih segar seperti manga, jambu merah, papaya muda, bengkoang, kedondong, dan mentimun yang disiram dengan saos kacang yang telah dihaluskan bersama dengan cabai rawit. Yang membuat beda dari rujak ini adalah kebanyakan taburan dari ebi parutnya yang diatas sehingga membuat citaranya berpadu antara asam, manis, pedas, asin, dan segar.

Itulah beberpa sedikit ulasan tentang makanan khas singkawang. Buat anda orang Kalimantan barat pasti sudah tidak asing dengan makanan – makanan yang seperti diatas? Atau buat teman anda yang ingin pergi kuliner yang bukan berasal dari singkawang tapi ingin juga mencicipi aneka makanan khas singkawang, anda bisa pergi ke beberapa tempat makan khas singkawang yang berada dijakarta.