Rancak Bana! Inilah 10 Kuliner Khas Padang Yang Wajib Anda Cicipi

Wisatakuliner.Org, Padang – Siapa sih yang tidak kenal akan kuliner nasi padang? Cita rasa dan kelezatan dari masakan khas padang ini memang sudah sangat terkenal sampai mendunia. Akan tetapi, selain pangan yang sering tersedia di restoran padang, masih banyak sekali kuliner khas padang yang layak untuk anda cicipi. Mari kita simak bersama masakan khas padang dengan cita rasa yang mampu menggoyah lidah.

1. Rendang

Kuliner tradisional khas daerah padang tersebut sudah pernah dinobatkan sebagai makanan yang paling lezat di dunia oleh CNN. Jadi, kelezatan dari daging sapi yang dimasak dan dicampur dengan bumbu dan rempah ini tentunya tidak perlu anda ragukan lagi.

2. Sate Padang

Sate khas padang ini merupakan kuliner tradisional ranah minang selanjutnya yang tak kalah populer. Sate tersebut terbuat dari daging sapi dan kadang dikombinasikan dengan lidah dan usus, makanan khas padang ini disajikan dengan siraman saus sate padang yang kuning dan gurih yang kaya akan rempah.

3. Dendeng Balado

Dendeng merupakan sapi yang dikeringkan dengan cara metode pengawetan. Oleh masyarakat minang. Dendeng ini diolah dengan bumbu balado yang pedas yang sangat cocok untuk anda para penggemar kuliner dengan cita rasa pedas.

4. Dendeng Batokok

Selain diolah dengan bumbu balado, masih ada juga olahan dendeng khas padang yang tak kalah lezatnya yaitu dendeng Batokok. Kuliner tradisional padang satu ini diolah dengan cara dipukul yang dalam Bahasa padangnya disebut batokok.

5. Soto Padang

 

Hampir disetiap daerah dinusantara ini memiliki jenis makanan soto di masing daerah, begitupun dengan padang. Soto padang yang terbuat dari irisan daging sapi dan memiliki cita rasa yang gurih dan khas. Tentunya tidak akan lengkap ke padang tanpa mencicipi kuliner khas padang yang berkuah satu ini.

6. Gulai Itiak

Apakah anda penggemar kuliner bebek? Jika iya, maka anda boleh mencoba mencicipi gulai itiak khas padang ini. Kaya akan dengan bumbunya, daging bebek ini tidak hanya gurih juga jauh dari aroma amik khas bebek.

7. Gulai Tauco

Selain itik yang dibuat menjadi gulai, kuliner gulai khas padang lainnya adalah gulai tauco yang terbuat dari tauco yang di olah berbagai rempah makanan padang. Irisan buncis, udang, dan tahu juga sebagai melengkapi makanan yang lezat ini.

8. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang merupakan gulai sapi yangtidak kalah lezatnya dengan Rendang. Sekilas seperti Rendang, yang membuat beda adalah dua kuliner khas padang ini adalah kepekatan bumbu dan juga kalio daging yang lebih berkuah.

9. Cancang

Cancang merupakan olahan daging kambing yang telah dipotong dadu dan dimasak dengan rempah – rempah serta santan yang memiliki cita rasa yang pedas. Makanan ini cocok untuk para penggemar masakan olahan daging kambing.

10. Ayam Pop

Ayam pop merupakan makanan khas padang lain yang kerap dipesan dirumah makan padang selain rending. Terlihat sangat sederhana, akan tetapi ayam pop memiliki cita rasa gurih yang kaya rempah dan sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan sambal padang.

11. Es Tebak

Tebak adalah minuman yang segar asal padang yang sekilas terlihat seperti cendol. Terbuat dari tepung beras sagu dan ketan, minuman khas padang ini disajikan dengan siraman sirup merah, susu kental manis, dan juga jagung.

Itulah kesebelas makanan khas padang yang sudah pastinya akan memanjakan lidah and ajika anda berwisata ke tanah minang yang pastinya akan membuat anda menjadi betah karena keramah tamahannya.