5 Destinasi Wisata Kuliner Tasikmalaya Jawa Barat Legendaris, Unik dan Khas

Wisatakuliner.Org, Tasikmalaya Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat legendaris bisa kamu jadikan alternatif pilihan ketika berkunjung ke kota ini. Ya, selain menikmati keindahan alam yang luar biasa, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner unik dan khas yang sudah dijual sejak dulu kala.

Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat ini wajib dicoba karena selain mempertahankan cita rasanya, sajian kuliner ini sudah ada yang berjualan sejak zaman Belanda. Jadi, dengan menikmati sajian kuliner legendaris khas Tasikmalaya ini, kamu bisa merasakan langsung kuliner khas Sunda dengan bumbu-bmbunya yang khas.

Berikut ini wisatakuliner.org, telah merangkum dari berbagai sumber beberapa wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat legendaris yang bisa kamu cobain saat berkunjung ke sini.

1. Pecel Oranye

Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat yang bisa kamu cobain saat berkunjung ke sini adalah Pecel Oranye. Memang, pecel merupakan makanan universal yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan sudah banyak ditemukan di mana saja terutama di Pulau Jawa.

Namun, ketika berkunjung ke Tasikmalaya Jawa Barat, ada yang berbeda dengan menu pecelnya. Di sini ada pecel yang sangat terkenal, yaitu Pecel Oranye. Pecel Oranye ini merupakan salah satu sajian kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1925.

Warung Pecel Oranye memiliki menu andalan pecel dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Rasa Pecel Oranye ini sangat khas, campur-campur antara manis, asam, dan asin. Bumbu pecel ini kemudian disiram di atas sayuran.

Kini warung yang terletak di Jalan Empang No. 27, Pasar Mambo, Tasikmalaya ini tidak hanya menjual pecel melainkan juga menjual surabi.

2. Nasi Cikur Panyerutan

 

Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat selanjutnya yang wajib kamu cobain adalah Nasi Cikur Penyerutan. Nasi Cikur ini merupakan makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat. Dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nasi Cikur merupakan nasi goreng yang dimasak dengan menggunakan kencur muda. Ya, cikur adalah kencur dalam bahasa Sunda. Uniknya, kencur yang digunakan adalah kencur muda atau kencur dengan umbi yang masih putih. Inilah yang menjadikan Nasi Cikur memiliki cita rasa renyah meskipun ada rasa sedikit getir dan aromanya yang wangi.

Tidak lupa, Nasi Cikur Panyerutan ditambahkan dengan beragam lauk seperti telur dadar, daging ayam suwir, tahu goreng, serundeng, acar wortel, dan keripik tempe. Nah, saat ke Tasikmalaya Jawa Barat jangan sampai tidak mencoba Nasi Cikur ini. Nasi Cikur yang terkenal adalah racikan Ny. Iyen di Kantin 43.

3. Bubur Ayam Hj. Zaenal

Menyantap bubur sudah bukan menjadi hal yang asing bagi sebagian orang. Karena memang bubur juga sudah banyak tersedia di mana saja. Namun, saat kamu berkunjung ke Tasikmalaya Jawa Barat, pecinta bubur wajib mencoba sajian Bubur Ayam Haji Zaenal. Bubur Ayam Haji Zaenal ini sudah sangat terkenal hingga ke luar kota Tasikmalaya.

Merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Tasikmalaya Jawa Barat, maka enggak heran kalau rumah makan ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Tasikmalaya.

Bubur Ayam Haji Zaenal ini sudah ada sejak tahun 1969. Hal unik dari sajian bubur ayam ini adalah tidak terlalu kental alias agak encer. Bubur ini juga disajikan dengan topping yang melimpah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Buat kamu yang penasaran dengan sajian kuliner legendaris Tasikmalaya ini, bisa langsung menuju ke Jalan Kalektoran, Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena sudah sangat terkenal dan menjadi kuliner favorit, kamu jangan sampai kehabisan. Kamu bisa ke sini mulai pukul 6 pagi hingga 2 siang.

4. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu juga merupakan sajian kuliner yang wajib kamu cobain saat berkunjung ke Tasikmalaya Jawa Barat. Kupat Tahu Mengunreja ini sudah ada sejak zaman Belanda. Ketika itu, kuliner ini dijajakan dengan berkeliling sambil dipikul. Namun kini sudah memiliki kedai atau rumah makan.

Walaupun penampilannya mirip dengan kupat tahu pada umumnya, namun cita rasa Kupat Tahu Mangunreja ini berbeda. Dimana untuk memasaknya masih menggunakan kayu bakar, sehingga memiliki aroma yang sangat khas. Selain itu, penggunaan bumbu kacang yang dibuat dengan cara ditumbuk juga membuat cita rasanya menjadi berbeda dengan yang lainnya.

Buat kamu yang penasaran dengan sajian kupat tahu ini, bisa langsung menuju Jalan Raya Garut, Mangunreja, Tasikmalaya.

5. Soto Ayam Pataruman

Sajian menu kuliner legendaris di Tasikmalaya yang wajib kamu cobain juga adalah Soto Ayam Pataruman. Salah satu penjual Soto Ayam Pataruman yang legendaris adalah Ibu Rina yang dimana telah berjualan sejak tahun 1960-an.

Sebenarnya tidak ada sesuatu yang khusus dalam pembuatan dan penyajian soto ayam ini. Namun, soto ayam ini memiliki konsistensi cita rasa yang khas dari dulu hingga kini. Ya, cita rasa mulai dari sejak tahun 1960-an hingga kini tidak berubah. Itulah yang membuat soto ayam ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Tasikmalaya.

Buat kamu yang penasaran dengan rasa soto ayam legendaris di Tasikmalaya ini, kamu bisa langsung menuju Jalan Pataruman Nomor 23, Tasikmalaya.