Menikmati Sarapan Roti Gambang khas Betawi

Wisatakuliner.org, Jakarta – Roti gambang adalah salah satu nama roti yang berasal dari Betawi. Baru-baru ini Roti Gambang termasuk 50 daftar roti terbaik di dunia versi CNN.

Cita rasanya yang manis terbuat dari gula aren dan wangi aroma kayu manis dibalut dengan tekstur keras yang memiliki ciri khas berwarna coklat. Taburan wijen yang penuh diatasnya menambah rasa unik yang enak di lidah.

Pada masa kolonial, roti gambang ini dikenal sebagai roti yang dinikmati oleh zaman orang Belanda atau Hindia Belanda.

Namun sejak era kemerdekaan, roti tersebut sudah menjadi hidangan sarapan orang Betawi dan sangat cocok disajikan sebagai cemilan untuk keluarga anda.

Menikmati roti gambang ternyata memiliki cara makan yang unik agar rasa manis dari roti tekstur keras ini dapat terasa menendang lidah kita.

Menurut budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, keluarga Betawi dari dulu biasa menikmati roti gambang pada pagi hari sebagai hidangan sarapan.“Jadi dari dulu kita keluarga Betawi udah tiap pagi sarapan pakai roti gambang, dulu sih gampang nyarinya, sekarang susah carinya,” kata Yahya

Yahya melanjutkan, cara paling enak menikmati roti gambang adalah dengan ditemani kopi atau teh manis. Kedua minuman itu bisa menambah rasa manis pada roti gambang jika dicelupkan pada kopi atau teh manis.

Selain itu, kenang Yahya, ketika ia dulu sekolah, selalu dibelikan dan dibawakan roti gambang sebagai bekal di sekolah.

Ada cerita unik dari Yahya, dulu ia selalu diberikan sepotong roti gambang,namun karena teksturnya keras dan gempal, ia hanya makan separuh saja ketika berangkat sekolah.

“Nah, itu sore saya makan lagi separuhnya, itu kan gempal banget bentuknya sehingga dia padat, jadi ya cukup mengenyangkan, kalau saya sih satu saja udah kenyang banget, jadi memang kalau makan roti gambang ya jangan langsung dihabiskan,” jelasnya.

Sekedar informasi, roti gambang dinamakan gambang karena terinspirasi oleh gambang pada alat musik Gambang Kromong yang sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik tionghua.Tercatat dalam data sejarah mengatakan gambang kromong telah dikenal sejak abad 18 dan 19.