Mencicipi Sajian 5 Makanan Khas Aceh yang Terkenal Sangat Enak dan Sering Dibeli Wisatawan

Wisatakuliner.org, Aceh – Aceh adalah kota dengan julukan serambi mekah. Aceh merupakan satu dari sekian banyaknya provinsi yang ada di Indonesia. Aceh juga merupakan salah satu kota dengan kuliner yang sangat terkenal. Jika kamu pergi liburan ataupun sedang jalan-jalan ke Aceh, wajib untuk mencoba makanan khas dari kota serambi mekah ini. Ada banyak sekali makanan khas aceh yang bisa kamu coba dan kamu jadikan oleh-oleh. Artikel dibawah ini akan menjelaskan tentang beberapa makanan khas aceh yang unik dan enak. Yuk, simak artikel dibawah ini.

  1. Timphan

Salah satu makanan khas aceh yang terkenal yaitu Timphan. Kue dengan rasa manis ini cocok untuk kamu jadikan kuliner oleh-oleh. Timphan memiliki rasa yang legit dan dibuat dari olahan tepung ketan yang diberi isi nangka, selai, buah pisang raja, ubi ataupun labu.  Kemudian isi dalamnya tersebut dibalut bersamaan dengan tepung dan kemudian dibungkus menggunakan kulit daun pisang. Timphan ini ternyata awet juga loh. Timphan akan bertahan hingga 3 hari dengan aroma wangi yang membuat kamu ingin segera mencobanya.

  1. Adee Meureudu

Aceh memang terkenal dengan kota wisata kulinernya. Seperti Adee Meureudu yang juga merupakan salah satu dari banyaknya wisata kuliner yang wajib kamu coba. Ade meureudu merupakan kue khas aceh yang populer di daerah meureudu, pidie Jaya. Rasa yang dimiliki kue ini tentu saja sangat lezat. Kamu bisa menjumpai kue ini dengan mudah di berbagai wilayah aceh dengan rasa yang bervariasi. Adee Meureudu dibuat dari tepung terigu yang dicampur singkong dengan citarasa yang sangat gurih.

  1. Keumamah

Jika kamu berlibur ke Aceh, jangan lupa untuk mencoba Keumamah. Keumamah adalah salah satu makanan khas aceh yang perlu kamu coba juga. Keumamah adalah kuliner terbaik yang dibuat dari olahan bahan ikan tuna yang telah direbus, kemudian dikeringkan dan diiris-iris untuk diolah menjadi menu masakan lezat. Kamu tentunya bisa membawa keumamah sebagai oleh-oleh ketika pulang. Untuk menambah cita rasa keumamah saat dimasak menjadi hidangan pelengkap, akan ditambah beberapa bumbu dan rempah pilihan lainnya seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan lainnya.

  1. Meuseukat

Meuseukat adalah makanan tradisional khas aceh yang sangat populer. Meuseukat populer dengan desain cantik dan juga rasanya yang sangat legit dan lezat. Sangat cocok untuk kamu pecinta makanan manis. Bentuk dari kue ini secara umum hampir sama seperti dodol aceh. Meuseukat terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan nanas. Akan tetapi, jika kamu ingin menikmati kuliner ini, kamu akan sedikit kesulitan menemukannya di pasar-pasar tradisional karena untuk merasakan kue yang satu ini kamu harus lebih dulu memesan.

  1. Mie Aceh

Nah kuliner terakhir yang banyak dinikmati wisatawan yaitu Mie Aceh. Mie aceh sudah sangat terkenal bahkan diluar Aceh sendiri, bahkan tidak dijual hanya di Aceh saja. Akan tetapi jika kamu ingin menikmati bagaimana rasa mie aceh yang sesungguhnya, kamu harus jalan-jalan dulu ke Aceh. Mie aceh disajikan dengan dua jenis masakan yaitu dengan digoreng ataupun dengan kuah. Kamu juga bisa memesan mie aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie aceh juga disajikan dengan tambahan lauk mulai dari jenis seafood ataupun daging.