5 Cara Menikmati Sate yang Unik dan Nggak Biasa, Pernah Coba?

WisataKuliner.Org, Indonesia – Keunikan menikmati sate ini beda dari lainnya, ada yang nggak menggunakan bumbu kacang ataupun disajikan tanpa tusuk sate. Unik banget kan? Berikut cara menyantap sate sebagai berikut :

1. Sate Klatak, Tusuk Sate dari Jeruji Besi Sepeda

Kuliner khas jogja yang satu ini memiliki keunikan dan beda dari daerah lain karena menggunakan jeruji besi sepeda sebagai tusuk satenya. Daging kambing dipotong dadu kecil-kecil, ditusuk, lalu dibakar.

Jeruji besi sepeda digunakan karena berfungsi sebagai penghantar panas yang baik sehingga bisa membuat daging kambing matang sampai ke bagian dalam.

2. Sate Blora, Jangan Buang Tusuk Satenya!

Di Blora, Jawa Tengah ada satu restoran yang menjadi spesialisnya sate dan gule. Namanya adalah Restoran Pak Daman yang jadi tempat langganannya para pejabat saat berkunjung ke Blora. Disana kamu akan disajikan satu piring penuh berisikan sate, beda dari tempat lainnya yang menyajikan jumlah tusuk sate sesuai pesanan.

Nah, setelah puas menikmatinya, kamu ngak boleh membuang tusuk satenya lho! Itu dikarenakan tusuk sate menjadi bukti berapa banyak jumlah sate yang dimakan. Awas kalap ya!

3. Sate Sineureut, Makan Sate dengan Nasi Kuning

Nggak cuma enak dinikmati dengan lontong atau nasi putih, sate ayam, sapi dan kambing juga enak disantap dengan nasi kuning pulen wangi dengan Sate Sineureut atau sate has dalam kambing yang empuk juicy banget. Hati-hati ketagihan ya!

4. Sate Ayam Tegal, Disiram dengan Kuah Kuning Santan

Cara menikmati sate yang unik selanjutnya adalah dengan siraman kuah kuning santan yang kental. Sajian sate ayam dibakar hingga warnanya kecoklatan, lalu disiram dengan kuah kuning kental seperti caramel dan diberi taburan topping bawang goreng. Sekilas bumbu sate terlihat seperti bumbu Sate padang, hanya saja warnanya lebih cerah.

5. Sate Goreng Tanpa Tusuk

Kata siapa menikmati sate itu harus disajikan dengan ditusuk? Ngak juga kok, potongan dadu daging ayam bisa kamu nikmati dengan cara dibakar lalu disiram dengan bumbu kacang pada umumnya.

Hanya saja saat disajikan, kamu bisa memisahkan daging ayam dari tusuknya. Bisa nih coba untuk dilakukan, jadi inovasi lain makan sate goreng tanpa tusuk!

5 cara menikmati Sate dari daerah di Indonesia di atas memang unik sekali ya? Dari semuanya, mana nih yang sudah pernah kamu coba?