Ini Dia 10 Tempat Kuliner Khas Singkawang yang Wajib Dicicipi

Wisatakuliner.org, Singkawang – Singkawang kaya akan kuliner yang wajib untuk di cicipi Bila anda sedang berkunjung ke kota ini, anda pasti akan mencari makanan yang ada dikota tersebut. Terutama bagi pecinta wisata kuliner nusantara. Mencari makanan yang enak dan juga unik adalah hal pertama yang anda lakukan saat tiba di tempat tersebut. Bila anda sedang berada di Singkawang anda harus mencicipi kuliner Singkawang yang sudah terkenal kelezatannya.

Berikut ini 10 tempat kuliner Singkawang yang mempunyai cita rasa yang lezat dan tentunya wajib anda coba.

  1. Bubur Paddas

Kuliner Singkawang yang dapat menggugah selera makan anda adalah bubur Paddas. Bubur paddas ini dicampur dengan kaldu, jagung, kangkung, pakis, toge, dan ditaburi kacang tanah serta ikan teri. Rasa asam dari jeruk dan asin dari ikan teri yang membuat bubur ini terasa lebih gurih. Tampilan bubur Paddas sama dengan bubur Tinatuan khas Manado.

Tidak terlalu banyak tempat yang menjual Bubur Paddas ini. Karena bubur ini adalah  menu khas rumahan di daerah Singkawang.

  1. Mie Tiaw Asu

Mie Tiaw Asu adalah kuliner Singkawang yang bakal bikin anda ngiler. Mie ini termasuk mie kuliner Tionghoa, dan dijamin halal, jadi anda tidak perlu khawatir. Bentuk dari Mie Tiaw ini berbeda dengan mie ataupun kwetiau, mienya berwarna kuning, dan ditaburi toge diatasmya. Mie Tiaw Asu ini berada di Jalan Yos Sudarso.

 

  1. Bubur Gunting

Bubur Gunting terdiri dari kacang hijau yang telah dikupas, kemudian dicampur dengan air gula, tepung kanji yang kental, daun pandan. Dan ditambah dengan cakwe kering yang telah digunting kecil-kecil. Cakwe yang telah digunting inilah yang membuat makanan ini dikenal dengan nama Bubur Gunting.

  1. Bubur Tahu

Bubur tahu ini memiliki tekstur tahu yang lembut, kemudian disiram dengan rebusan jahe yang hangat. Sajian ini cocok disantap pagi hari.

  1. Mie Kering Haji Aman

Mie Kering Haji Aman adalah kuliner Singkawang yang menjadi favorit masyarakat Singkawang. Terdapat beberapa sajian menu makanan ditempat ini. Salah satu menunya adalah Bakmi Spesial. Bakmi ini terdiri dari Bakmi Kering, bakso sapi, daging sapi, potongan daging ayam, toge, tahu, cakwe, ditambah suwiran telur dadar.

  1. Rujak Ebi

Rujak Ebi ini tidak terlalu berbeda dengan rujak pada umumnya. Bedanya hanya ditambahkan serutan ebi kering di atasnya. Rujak ebi memiliki rasa yang gurih dan sangat enak bila disantap pada siang hari.

  1. Bakso 68

Bakso 68 merupakan kuliner Singkawang yang sangat terkenal. Jika anda ingin mencicipi bakso ini, anda harus datang lebih awal karena banyaknya pengunjung yang datang.

Bakso 68 ini adalah kuliner Singkawang yang wajib untuk anda kunjungi, karena memiliki rasa yang sangat lezat. Bukan hanya terkenal bakso 68 juga menjadi favorit bagi pengunjung yang datang ke Singkawang.

  1. Choi Pan

Kuliner yang satu ini, bisa anda temui di setiap pojok Kota Singkawang. Choi Pan juga dapat anda temui ketika anda sedang di kota Pontianak. Choi Pan adalah makanan yang terbuat dari tepung beras. Yang diisi dengan bengkuang yang sudah diiris tipis, kemudian dicampur dengan udang, ayam, ikan atau babi. Choi Pan akan bertambah kelezatannya karena di atasnya ditaburkan bawang goreng.

  1. Bubur Babi

Untuk hidangan yang satu ini sudah jelas bukan makanan yang halal.  Keistimewaan dari bubur babi ini adalah disajikan dengan telur setengah matang. Dan juga memiliki porsi yang besar. Selain itu, dengan porsinya yang besar, harganya pun sangat terjangkau. Salah satu yang menjadi favorit tempat menyantap makanan ini adalah Bubur Babi Ajie.

  1. Limun Khas Singkawang

Bukan hanya makanannya saja yang lezat, terdapat minuman Singkawang yang pastinya juga sangat segar. Limun khas Singkawang ini mempunyai tiga rasa, yang terdiri dari jeruk, pisang ambon dan juga sarsaparila.