Rekomendasi 9 Makanan kuliner Khas Bali Paling Legendaris yang Wajib Dicicipi

Wisatakuliner.org, Bali – Pulau Bali merupakan tujuan wisata paling populer di Indonesia. Pesona sejuta lautnya yang sangat indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Tidak hanya kaya dengan tempat wisata, Pulau Dewata ini juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat.

Seperti berbagai daerah kebanyakan, Bali juga memiliki berbagai kuliner khas yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini rekomendasi 9 makanan khas Bali yang legendaris dan sudah terkenal ke seluruh nusantara, apa saja itu ?

  1. Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, namun untuk sate khas Bali ini dibuat dengan cara unik yaitu daging yang sudah dihaluskan langsung dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu.

  1. Nasi Jinggo

Makanan Bali yang sangat khas lainnya yaitu Nasi Jinggo. Nasi ini bisa dibilang sama dengan nasi kucing. Nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Nasi jinggo memiliki beberapa tambahan seperti daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Sambal yang sangat pedas menjadi ciri khas tersendiri dari nasi jinggo. Sangat cocok untuk yang doyan makanan pedas.

  1. Nasi Tepeng

Nasi tepeng merupakan makanan khas dari Gianyar yang disajikan dengan cukup lembek seperti bubur. Nasi lembek ini juga dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan juga kelapa parut. Biasanya terdapat telur dan suwiran daging ayam. Tambahan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali membuat nasi tepeng memiliki ciri khas tersendiri dibanding jenis nasi lainnya.

  1. Sate Plecing

Bumbu plecing ini biasanya terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan juga air jeruk limau. Rasanya cukup pedas gurih dan sedikit asin. Tidak hanya daging ayam, sate ini juga tersedia untuk daging yang lainnya.

  1. Tum Ayam

Makanan Bali berikutnya yaitu Tum ayam. Tum ini merupakan sejenis pepes, yang terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran tersebut dari bahan yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kalau anda bosan dengan daging ayam saja, tum ayam bisa menjadi pilihan kuliner di bali yang biasa disajikan dengan daging bebek dan lainnya.

  1. Komoh

Komoh merupakan makanan yang berisi hati, kulit, dan daging. Makanan ini biasanya disajikan saat acara keagamaan. Daging yang digunakan berupa daging ayam, bebek, ataupun daging babi.

  1. Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Sensasi pedas akan anda rasakan setelah mencicipi irisan mangga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang sangat pedas. Tidak cuma mangga, anda juga bisa menggantinya dengan buah lain ataupun rumput laut. Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan kuah pindang ini disebut juga rujak bulung.

  1. Sate Kakul

 

Sate kakul sebenarnya sama saja dengan sate kerang. Sebelum dibakar, maka sate kerang ini akan diberi bumbu plecing terlebih dahulu. Inilah yang membuat cita rasanya menjadi sangat khas dan super lezat.

  1. Lawar

Campuran sayur dan juga daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih terasa nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Ditambah lagi dengan sate lilit maka bakal semakin nikmat.

 

Itulah beberapa jenis makanan Bali yang khas dan lezat yang wajib cicipi saat berlibur ke Bali. Para wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Bali pasti tidak pernah melewatkan 9 jenis kuliner ini. Selamat mencoba!