Menikmati 5 Kuliner Khas Sumendang yang Wajib Dicoba

Wisatakuliner.org, Sumendang – Sumedang memang terkenal punya camilan enak, yaitu Tahu. Bukan cuma ditemukan di daerah asalnya sendiri, Tahu Sumedang pun bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia yang sangat terkenalnya.

Tapi sebenarnya bukan cuma Tahu saja lho yang jadi kuliner enak di Sumedang. Sederet makanan di bawah ini pun jadi saksi kalau makanan di salah satu kabupaten di Jawa Barat tersebut nggak kalah bersaing dari daerah lain. Apa saja itu?

  1. Soto Bongko

Kuliner berkuah yang disajikan dengan lontong dan kuah santan ini memang asyik dinikmati saat musim hujan. Isiannya pun melimpah, mulai dari suwiran daging ayam, tahu goreng, dan lontong.

Agar lebih gurih, ditambahkan pula kerupuk dan bawang goreng renyah biar makin ketagihan. Lauk pendamping menu Soto Bongko bisa dipilih sesuai selera.

Lokasi Warung Soto Bongko : Pasar Sumedang Kota

Buka dari: 08:00-22:00 WIB

  1. Kadedemes

Masakan khas Sumedang ini adalah olahan kulit singkong lho. Tapi bukan yang banyak kotoran tanahnya ya. Lebih tepatnya di bagian dalam kulit singkong.

Cara memasaknya ditumis dengan bumbu racik pedas, daun kemangi, dan irisan cabai. Biasanya dijual di rumah makan sederhana dengan harga mulai dari Rp 7ribu

Lokasi Rumah Makan Saung Cibingbin: Jalan Kutamaya No.27, Kotakulon, Sumedang Selatan

Buka dari: 10:00-20:00 WIB

  1. Asinan Sukasari

Sumedang juga memiliki menu asinan dengan citarasa yang khas. Terdapat dua jenisnya asinan sayur dan asinan buah.

Untuk asinan buah menyajikan potongan buah yang direndam dalam air gula selama beberapa jam. Untuk asinan sayur, menggunakan irisan sayuran dengan remasan kerupuk di atas sajiannya.

Lokasi : Jalan Suryakencana No.303b, Babakan Pasar, Bogor Tengah

Buka dari: 08:00-16:00 WIB

  1. Opak Ketan

Kuliner Sumedang yang satu ini bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan lho. Terbuat dari beras ketan yang dicampurkan dengan sari kelapa pilihan.

Diproses dengan cara tradisional yang membuat cita rasanya semakin berkesan. Dijual per plastik biasanya mulai dari Rp15 ribu.

Lokasi Opak Ketan: Jalan Mayor Abdurahman 31, Komplek Pujasera Sawopolo, Sumedang Utara

Buka dari: 08:00-20:00 WIB

  1. Minuman Lahang

Minuman Khas Indonesia ini tergolong dalam minuman isotonik yang terbuat dari bahan alami sehingga nggak menyebabkan efek samping.

Biasanya dijual dalam bambu dan dipanggul kemana mana. Harga per gelasnya sekitar Rp2 ribu saja

Lokasi Minuman Lahang: Pasar Sumedang

Buka dari: 07:00-18:00 WIB