Mengenal 5 Kuliner Khas Betawi yang Masih Bertahan Hingga Kini

Wisatakuliner.org, Jakarta – Saat berlibur ke Jakarta, nggak ada salahnya untuk mencoba beragam menu kuliner khas yang ada disana. Salah satunya masakan kuliner khas Betawi yang masih bertahan hingga kini.

Memang nggak banyak restoran besar atau kedai makan yang menyajikan masakan khas Betawi sebagai hidangan utama dan andalan. Untuk itu,Berikut ini ada 5 tempat makan khas Betawi di Jakarta yang bisa anda kunjungi

  1. Gurame Pecak

Pecak di sini artinya adalah menekan dengan ulekan. Seperti pembuatan ayam geprek, gurame pecak juga digeprek dengan ulekan hingga bumbunya merasuk ke dalam.

Irisan bumbu rempah yang menggoda dengan tambahan sambal kacang dan sambal bening ini juga bisa menggoyang lidahmu. Kamu bisa menikmati kuliner khas Betawi ini di RM H Nasun.

Lokasi Gurame Pecak H Nasun: Jalan Moch Kahfi II No. 21 Serengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan

Buka dari: 09:00-15:00 WIB

  1. Nasi Ulam

Kuliner khas Betawi ini yang bisa anda cicipi dengan sajian isian nasi putih dengan taburan serundeng, daun kemangi iris, kacang hijau panjang, dan irisan mentimun.

Untuk menu pendampingnya ada semur jengkol, empal sapi, dan rendang. Hanya dengan harga Rp10.000,00 saja, anda sudah bisa menikmatinya dan minuman es teh yang menyegarkan.

Lokasi Nasi Ulam Misjaya: Jalan Kemenangan Raya No.3, Glodok, Taman Sari

Buka dari: 16:00-22:00 WIB

  1. Sayur Babanci

Sayur khas Betawi ini mulai sulit ditemui. Makanan ini memadukan kuah antara gulai, soto, dan kare dalam satu mangkuk. Sayuran sebagai isiannya pun dibumbui dengan dua puluh satu bumbu rempah.

Dihidangkan dengan potongan ketupat, agar semakin mengenyangkan. Anda bisa menikmatinya di salah satu restoran yang ada di kawasan Kota Tua.

Lokasi Historia: Jalan Pintu Besar Utara No.11, Pinangsia

Buka dari: 10:00-22:00 WIB

  1. Sayur Besan

Sayuran ini biasanya ada saat acara pernikahan. Dengan ciri khas sayur terubuk atau bunga tebu yang kini makin langkah.

Sayuran ini dimasak dengan isian kentang, buncis dan petai yang diolah dengan cabai merah, santan, daun bawang, ebi sangrai, dan menu lainnya. Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa mengunjungi rumah makan khas Betawi.

Lokasi Dapur Betawi: Jalan Cabe V, Pondok Cabe, Pamulang

Buka dari: 10:00-22:00 WIB

  1. Gabus Pucung

Menu ini berupa ikan gabus goreng yang dimasak dengan bumbu kuah hitam yang berasal dari Ulekan Kluwek. Berbeda dengan kuah menu rawon, kuah Gabus Pucung terbilang cukup kental dan aroma rempahnya terasa. Tambahan bumbu terasinya semakin tercium harum di hidung

Lokasi Warung Gabus Pucung:  Jalan Tipar Cakung No.67, Cilincing

Buka dari: 08:00-20:00 WIB

Itulah makanan kuliner khas daerah Betawi yang masih bertahan sampai saat ini yang wajib anda cicipi.