Beragam 6 Masakan Nusantara Berbahan Olahan Tahu yang Populer

Wisatakuliner.org, Jakarta – Berbagai olahan tahu memang sudah sangat terkenal dimata masyarakat Indonesia. Selain itu, harganya juga ekonomis dan bisa diolah menjadi apa saja membuat bahan makanan yang berasal dari kedelai ini sangat di gemari.

Dari semua, ada beberapa makanan khas Indonesia berbahan tahu yang paling populer. Bahkan salah satunya ada yang diusulkan menjadi warisan budaya lho. Apa saja itu?

  1. Tahu Campur

Makanan Tahu Campur ini berupa irisan tahu bercampur dengan petis hitam yang kental dan ditambah mie kuning, lento, selada. Tidak ketinggalan juga dengan irisan daging sapi terasa semakin enak dan lezat. Lamongan makanan ini terkenal dengan kuah sotonya yang menggoyang lidah membuat ketagihan.

  1. Tahu Acar

Tahu acar berasal dari Kota Solo. Makanan ini terbuat dari campuran tahu yang disiram dengan kuah encer.

Cita rasa kuahnya asam dan manis. Ditambah dengan mie kuning, irisan tauge, kubis, tomat, dan mentimun.

  1. Tahu Gejrot

Masakan khas Cirebon ini sedang diusulkan menjadi warisan budaya oleh Pelaksana Tugas Bupati ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu sempat disampaikan oleh pihak terkait di festival budaya beberapa waktu lalu.

Kandungan gizi yang cukup tinggi dan rasanya yang lezat memang menjadikannya terfavorit banyak orang. Pabrik pertama yang membuat tahu gejrot ada di Desa Jatiseeng, Ciledig, Cirebon.

  1. Tahu Guling

Masakan Tahu Guling ini berasal dari Jogja. di Kota Budaya ini juga menyajikan masakan berbahan tahu. Dimasak dengan irisan cabai rawit, bercampur daun jeruk, gula merah, dan bawang putih. Dalam sajiannya, ada irisan daun kol, taoge, dan irisan seledri menjadikan terasa nikmat dan lezat.

  1. Tahu Pletok

Satu lagi masakan berbahan tahu asal Cirebon yang bisa anda coba adalah tahu pletok.

Disuguhkan dengan sambal yang terbuat dari bawang, kecap, dan irisan cabai. Tahu pletok ini dibuat dengan tepung kanji, daun bawang, tepung bumbu, kemudian digoreng hingga renyah.

  1. Tahu Telur

Masakan yang satu ini berasal dari kota Surabaya. Makanan ini terbuat dari potongan dadu tahu yang di goreng dengan telur kemudian disiram dengan saus kacang bercampur petis yang manis dan sedikit cuka agar rasanya pedas, manis dan asam.