5 Jajanan Khas Indonesia Zaman Dulu Yang Hingga Saat Ini Masih Eksis

wisatakuliner.org, Jakarta – Selain ragam gorengan, orang Indonesia juga gemar menyantap kue tradisional sebagai menu jajanan. Mulai dari cenil hingga getuk biasa jadi menu jajanan enak. Khususnya di Jawa, beberapa menu jajanan zaman dulu masih cukup eksis hingga sekarang. Rasa yang enak, manis dan gurih membuat semua orang tidak pernah bosan memakan beberapa jajanan ini. Apa saja jajanan tradisional itu?

1. Cenil

Kue cenil biasa dijadikan campuran getuk. Cenil terbuat dari adonan pati singkong di bentuk menjadi bulat dan kotak-kotak kecil. Cenil biasa diberi pewarna sebelum direbus hingga matang sehingga tampilan lebih cantik. Cenil ini biasa disajikan dengan cara diberi taburan kelapa parut dan guyuran saus gula merah.

2. Lupis

Lupis terkenal di Jawa sebagai makanan cemilan manis. Lupis terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan menggunakan bungkusan daun pandan. Lupis juga dapat dijadikan sebagai sarapan yang dihidangkan dengan segelas teh hangat. Secara tekstur lupis memiliki tekstur yang padat dan agak lengket, bentuknya juga segitiga namun sekarang lupis banyak dibuat silinder memanjang. Biasa disajikan dengan kelapa parut dan saus gula merah.

3. Klepon

Jajanan yang satu ini sangat di sukai oleh semua orang. Bentuk bulat berwarna hijau dengan isian saus gula yang meleleh dan permukaan kulit dibalur dengan kelapa parut membuat jajanan ini terasa meleleh dimulut. Bahan utama dari jajanan yang satu ini adalah tepung beras ketan. Adonan ditambahkan air daun suji untuk membuat warnanya hijau. Jajanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan alas daun pisang.

4. Ongol-Ongol

Jajanan manis bernama ongol-ongol ini biasa menjadi salah satu racikan getuk sebagai menu cemilan maupun sarapan. Bentuknya kotak-kotak dengan tekstur kenyal membuat jajanan yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri. Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu aren yang dicampur dengan gula aren dan air, rasanya manis khas gula jawa.

5. Getuk

Jajanan getuk hingga saat ini menjadi jajanan yang sangat disenangi oleh semua orang. Di beberapa daerah Jawa Tengah seperti Solo dan Yogyakarta, getuk masih menjadi ratu jajanan yang khas. Getuk terbuat dari singkong yang dikukus lalu dihaluskan dan diberi pewarna. Biasanya getuk disajikan dengan tambahan gula dan ditaburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Getuk mempunyai tekstur yang lembut dan rasa manis legit. Banyaknya penggemar dari jajanan yang satu ini, kini getuk di modifikasi dengan tampilan yang lebih menarik untuk jamuan modern.