10 Olahan Pisang Goreng Khas Nusantara, Mana Kesukaaanmu?

wisatakuliner.org, Indonesia – Gorengan menjadi salah satu cemilan wajib untuk orang Indonesia. Mulai dari gorengan tempe,tahu,ubi,bakwan hingga pisang dapat kamu temui dengan sangat mudah. Selain enak, cemilan yang satu ini beragam mulai dari bentuk maupun rasanya. Untuk gorengan pisang, banyakan orang menggunakan pisang raja maupun pisang kepok yang diselimuti dengan adonan tepung. Meskipun cemilan pisang, setiap daerah mempunyai ciri khas dan cara penyajian pisang goreng yang berbeda-beda lho! Penasaran seperti apa ya bentuknya? Berikut cuplikannya:

1. Pisang Goreng Kipas

Pisang Goreng Kipas merupakan salah satu pisang yang berasal dari Pontianak. Di Pontianak, pisang goreng kipas disajikan dengan selai serikaya. Pisang kipas ini memiliki bahan serta rasa yang sama dengan pisang goreng biasa, hanya saja yang membedakan adalah bentuk pisang yang dipotong menyerupai kipas.

2. Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir ini merupakan pisang kepok yang dipotong seperti papan kemudian diberi lapisan putih telur lalu tepung roti sebelum digoreng. Hal ini tentu membuat pisang ini memiliki tekstur seperti kroket. Makanan ini berasal dari Perancis dengan ciri khas Belanda.

3. Pisang Goreng Kremes

Pisang goreng kremes sebenarnya sama seperti pisang goreng pada umumnya, namun memiliki adonan serta teknik penggorengan yang berbeda. Adonan pisang terbuat dari tepung beras, ekstrak vanila dan tambahan santan yang membuat pisang goreng ini lebih manis, gurih dan lebih beraroma.

4. Pisang Goreng Madu

Pisang ini dimodifikasi dari pisang biasa yang ditambahkan madu. Madu membuat adonan terasa lebih manis dan pada saat menggoreng memang terlihat seperti pisang gosong namun pisang yang ini mempunyai rasa yang cukup lezat.

5. Pisang Molen

Berbeda dengan pisang goreng yang dicelupkan kedalam adonan cair. Pisang molen di lapisi dengan adonan tebal yang menyelimuti potongan pisang sebelum digoreng. Adanya lapisan ini membuat pisang molen memiliki lapisan renyah diluar dan lembut di dalam.

6. Pisang Goreng Telanjang

Sesuai dengan namanya, pisang yang satu ini tidak dilapisi tepung maupun diberi adonan saat menggorengnya. Pisang biasanya di potong dengan ukuran kecil. Biasanya jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja. Pisang ini hanya digoreng dengan menggunakan margarin maupun mentega. Pisang ini lebih enak dinikmati pada saat panas karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

7. Pisang Goreng Mulut Bebek

Pisang goreng mulut bebek ini berasal dari Ternate. Pisang ini memiliki penampilan seperti Keripik Pisang. Disebut sebagai pisang goreng mulut bebek karena pisang yang dipakai adalah pisang bebe yang terlihat seperti mulut bebek. Pisang bebe memiliki bentuk panjang, tipis dan ketika dipotong seperti poruh bebek.

8. Pisang Goreng Manado

Bagi para pecinta pedas, kamu wajib coba sajian khas Manado ini. Pisang goreng ini sama seperti pisang goreng pada umumnya tetapi yang membedakan hanya pisang ini disajikan dengan menggunakan Sambal Ikan Roa. Sambal ikan Roa ini dibuat dari cabe segar ditambahkan ikan roa yang telah di asap.

9. Sanggar Dan Sanggara Pepe

Di Kalimantan, olahan pisang ini disebut sebagai pisang Sanggar. Pisang goreng disajikan dengan kuah kacang seperti sambel pecel manis dan pedas. Berbeda dengan Bugis Makassar pisang goreng disebut dengan nama Sanggara Pepe, dimana sambal yan digunakan lebih pedas karena berbahan dasar cabe dan dalam pengolahannya pisang dipukul hingga pipih. Proses inilah yang dinamakan pepe.

10. Pisang Goreng Jawa

Di wilayah Jawa, Pisang goreng disebut dengan Gedhang Goreng yang terbuat dari Pisang Raja. Adonannya terbuat dari tepung beras, telur serta sedikit batu kapur dan air. Beberapa wilayah di Jawa juga menambahkan cabe saat menikmati gorengan ini. Adonan pisang dibuat sedikit asin, berbeda dengan wilayah lain yang adonannya dibuat lebih manis.

Pisang goreng mana yang menjadi favoritmu? atau Manakah pisang yang belum pernah kamu coba?