Rekomendasi 5 Makanan Berbahan Dasar Ikan Khas Lampung, Harus Wajib Dicoba!

Wisatakuliner.org, Lampung – Jika kamu berkunjung ke Lampung, kamu akan menemukan banyak sekali makanan yang berbahan dasar ikan. Hal ini dikarenakan, mayoritas orang Lampung menyukai ikan.

Diantara menu tersebut, ini adalah beberapa menu khas lampung berbahan dasar ikan yang bisa kamu coba!

  1. Pepes Tempoyak

Sekilas bentuknya sama seperti pepes Sunda. Namun, pepes khas lampung ini bumbunya memakai campuran tempoyak. Tempoyak adalah daging buah durian yang telah difermentasi. Cara memasak pepes khas lampung ini ada dua yakni dikukus dan dibakar.

  1. Gulai Taboh

Gulai Taboh adalah panganan berbahan dasar ikan yang diolah menggunakan bumbu rempah dan air santan. Gulai Taboh memiliki cita rasa yang sangat kaya mulai dari pedas, manis dan asam. Ada tiga jenis ikan yang biasa digunakan yaitu ikan kluwek, ikan mujair dan juga ikan nila.

  1. Seruit

Seruit adalah ikan bakar yang di campur dengan sambal khas lampung. Ada juga orang-orang yang mencampur menu ini dengan sedikit tempoyak. Rasa masakan ini pedas dan segar. Cocok sekali dimakan bersama-sama dengan keluarga besar.

  1. Ikan Kasam

Kasam dibuat dari ikan yang telah difermentasi bersama dengan nasi. Proses fermentasi kasam paling baik ialah 3-4 hari, jika sudah lebih dari itu maka rasanya akan terlalu asam.

Untuk kamu yang baru mencoba, pasti akan kaget dengan aromanya yang kuat. Tapi kamu tak perlu khawatir, setelah diolah menggunakan bumbu rempah yang terdiri dari bawang, cabai dan serai dijamin kamu pasti akan ketagihan.

  1. Pindang Patin

Tiap daerah punya resep pindangnya masing-masing, termasuk di Lampung. Ciri khas pada Pindang Lampung adalah dengan memakai nanas sebagai penambah rasa asam. Hal ini, membuat rasa masakan tersebut terasa lebih segar dan lidah bergoyang.