10 Camilan Nusantara Serba Kacang Gurih yang Bikin Ketagihan, Suka yang mana ?

Wisatakuliner.org, Indonesia – Kacang-kacangan memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah menghilangkan stres. Wajar saja jika camilan kacang, enak disantap di setiap waktu.

Seperti kacang rebus, camilan kacang yang sederhana kesukaan masyarakat Indonesia. Selain kacang rebus, 10 camilan serba kacang berikut ini bikin gak mau berhenti mengunyah! Suka yang mana ?

  1. Kacang Goyang

Eits,Jangan makan sambil bergoyang, ya! Ketika nyemil camilan kacang khas Minahasa ini. Camilan ini terbuat dari kacang tanah yang masih satu dengan kulitnya, disangrai hingga matang. Selama proses disangrai, banyak gerakan menggoyang-goyangkan kacang yang akhirnya membuat camilan ini mendapatkan namanya.

Usai matang, kacang dikupas dari kulitnya kemudian dilelehkan pemanis berwarna yang terbuat dari gula dan pewarna makanan. Di balik proses pembuatannya yang cukup menguras tenaga dan waktu, kacang goyang menghasilkan perpaduan rasa yang luar biasa enak.

  1. Peyek Kacang

Camilan ini paling mudah dibuat! Peyek kacang tak lain adalah jenis keripik yang terbuat dari tepung beras, air, bumbu, dan tak lupa kacang tanah. Rasanya yang gurih, peyek kacang tidak hanya enak jadi camilan. Menjadi pendamping nasi putih dan sayur pun tetap mantap! Peyek kacang mudah ditemukan di setiap rumah makan dengan harga terjangkau.

3. Ampyang Kacang

Si manis yang biasa jadi oleh-oleh khas beberapa daerah di Jawa Tengah ini terbuat dari adonan kental gula Jawa yang larut dengan campuran air, dan serbuk jahe. Ketika adonan masih hangat, di atasnya ditaburi dengan kacang tanah yang telah disangrai. Meski manis, camilan ini punya rasa lainnya yaitu gurih yang berasal dari kacang. Sedikit pedas yang berasal dari jahe.

  1. Halua Kenari

Terkenal di wilayah timur Indonesia, cara pembuatan halua kenari hampir sama dengan ampyang. Yang di mana, gula merah yang telah meleleh dikucurkan ke dalam kacang kenari. Penyajiannya sendiri bisa dibungkus ke dalam kelobot jagung, dicetak dengan alat, hingga dibentuk bola-bola.

  1. Kacang Sembunyi

Seperti namanya, kacang di camilan ini memang bersembunyi di balik adonan kulit yang terbuat dari tepung terigu. Dipotong kecil-kecil dengan ukuran sekitar 4-6 cm, dengan diisi kacang tanah di dalamnya.

Kacang sembunyi digoreng hingga kecoklatan, setelahnya diguyur dengan gula karamel. Camilan kacang satu identik dengan sajian untuk tamu ketika hari raya tiba.

  1. Roti Kering Kenari

Mudah untuk dipraktikkan! Roti kering kenari terbuat dari roti rawar yang dipotong kotak dengan ukuran sedang atau sesuai selera yang kemudian ditaburi dengan kacang kenari, dan dipanggang.

Sebelum dipanggang, roti yang telah tercampur kacang kenari diolesi dengan telur yang dicampur susu kental manis. Jangan tanya rasa! Roti kering kenari, camilan serba kacang yang enak untuk disantap bersama secangkir teh atau kopi.

  1. Almond Crispy Cheese

Namanya memang agak ke barat-baratan namun camilan serba kacang nan lezat ini favoritnya arek-arek Suroboyo lho! Berbentuk bulat, almond crispy cheese terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan serbuk kacang almond, dengan topping kacang almond dan parutan keju cheddar.

Populer di Surabaya, Almond crispy cheese bisa dijadikan pilihan buah tangan usai pelesiran di kota ini.

  1. Tumpi

Sama seperti peyek kacang, perbedaan terletak pada pilihan kacangnya. Tumpi identik dengan kacang hijau. Si gurih satu ini terkenal di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah seperti Cilacap. Sangat sederhana, tumpi termasuk camilan yang bergizi lho! Banyak masyarakat yang mengonsumsi tumpi bersamaan ketika menyantap nasi dan lauk.

  1. Kacang Disco

Yang pasti, camilan serba kacang asal Bali ini tidak suka dugem. Gak cuma nama, rasa kacang disco juga cukup menyita perhatian. Kacang disco terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung terigu, kemudian digoreng hingga sedikit kecoklatan.

Camilan gurih ini lama kelamaan juga bikin perut jadi kenyang. Kalau berkunjung ke wisata di Bali, jangn lupa bawa kacang disco supaya kamu gak bosan selama perjalanan.

  1. Jipang Kacang

Identik berbentuk persegi panjang, jipang menggunakan gula Jawa atau gula aren sebagai bahan adonan. Sebelumnya, kacang tanah telah digoreng terlebih dahulu. Ketika matang, kacang digepuk hingga menjadi serpihan kecil-kecil.

Untuk mendapatkan bentuknya, jipang menggunakan bantuan cetakan. Ukurannya pun disesuaikan, yang umumnya tidak begitu tebal.