Enak Mana? Selain di Indonesia, Intip Sedapnya 5 Menu Sate yang Ada di Seluruh Dunia

Wisatakuliner.org, Dunia – Tidak di pungkiri lagi, kalau sate Padang atau sate Madura adalah sate yang paling enak di dunia. Tapi selain Indonesia, negara lain di dunia ternyata juga punya sajian skewers yang kalah sedapnya.

Penasaran seperti apa cara penyajian dan bentuk sate dari berbagai belahan dunia ini? Yuk, ngiler bareng dengan ngintip ulasan berikut!

  1. Yakitori, Jepang

Yakitori adalah sajian sate khas Jepang. Yakitori atau sate ayam adalah masakan dari daging sate ayam yang ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dinikmati dengan dua pilihan bumbu, ada tare yang asin bercampur manis, dan ada shio yang hanya terasa asin saja. Sedangkan bagian dari ayam yang digunakan juga bermacam jenis.

  1. Shish Taouk, Lebanon

Termasuk makanan yang umum di Turki, Shish Taouk ternyata aslinya dari Lebanon. Shish taouk terbuat dari daging ayam yang direndam dalam minyak zaitun, dimarinasi dengan yoghurt dan aneka bumbu sedap. Setelah didiamkan dalam waktu cukup lama, kemudian daging ayam dibakar di atas arang. Meskipun sate ini berasal dari luar negeri namun masakan ini pas banget di lidah orang Indonesia. Bisa disantap dengan nasi juga, lho!

  1. Pinchitos, Spanyol

Meski populer di Spanyol, Pinchitos konon dibawa oleh orang Arab yang datang dari Afrika. Pinchitos merupakan sate sapi atau ayam yang dibakar dengan bumbu berupa garam, bawang, dan minyak zaitun.Sebelum dipanggang, daging dimarinasi selama 12 jam kemudian disajikan dengan roti, irisan lemon dan anggur.

  1. Isaw, Filipina

Isaw adalah streetfood populer di Filipina. Sate ini dibuat dengan usus ayam berbumbu barbekyu yang dililitkan ke tusuk kayu. Sate ini sering dijual pada saat malam hari dan merupakan salah satu makanan favorit bagi turis. Kuliner ini biasa dinikmati saat sore hari atau malam hari sembari menikmati suasana malam kota Manila.

  1. Souvlaki, Yunani

Pernah disebutkan oleh Homer dan Aristophanes dalam karya mereka, Souvlaki adalah sate Yunani yang populer dan disajikan dengan kentang atau roti pita. Souvlaki sendiri bisa diisi dengan daging sapi, kambing, atau ayam. Daging tersebut nantinya akan dimasak secara grill setelah sebelumnya telah direndam dalam bumbu.

Saat dibakar, daging tersebut akan dioles dengan campuran minyak zaitun dan perasan lemon. Setelah dagingnya matang, kemudian panaskan roti pita. Selanjutnya sajikan daging yang sudah dipotong ke atas roti pita yang sudah diberikan sayur dan saus. Yummy!