Kuliner Ala Aceh Khususnya Kabupaten Pidie

Wisatakuliner.org, Pidie – Salah satu kuliner yang terkenal di pidie yang menjadi ICONpidie dan terasa belum lengkap jikalau tidak pernah rasa kuliner khas pidie. Banyak para pendatang ke sigli hanya ingin mencicipi rasa akan makanan yang ada di pidie, Aceh.

1. Boh Manok Weng (Telur Kosok)

Boh manok weng merupakan salah satu kuliner terkenal di daerah Pidie, minuman dengan adonan kopi atau tersebut mampu membangkitkan gairah stamina bagi anda yang meminumnya. Minuman ini sangat mudah ditemukan baik di Kampung maupun di Perkotaan.

2. Mie Caluek

Kuliner ini pada dasarnya merupakan mie seperti pada umumnya. Terdiri dari pilihan mie disajikan bersama kuah yang merupakan semacam pasta atau sambal kacang. Hanya saja mie ini telah dimasak terlebih dahulu, kemudian dihidangkan didalam nampan untuk dijual. Mie ini bisa anda temukan didaerah grong – grong maupun pantai pelangi, kota sigli.

3. Lincah busu

Bagi Anda yang berkunjung ke Pidie jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Pidie yang satu ini. Lincah Busu merupakan rujak aneka buah dan umbi-umbian yang dicampur dengan saus pedas. Lincah dalam bahasa Aceh berati rujak, sedangkan Busu merupakan salah satu kampung di Mutiara Barat, Kabupaten Pidie, tempat lincah ini berasal.

4. Kuah pilek U

Kuah pilek U memang terdengar asing bagi daerah lain, masakan ini merupakan kuliner paling khas di aceh. Resep dari masakan kuah pilek U merupakan dari warisan nenek moyang masyarakat aceh dengan rasa khas yang kaya dengan rempah – rempah.

5. Adee le leubeu

Dikecamatan kembang tanjung, kabupaten pidie ini dikenal dengan kue khas ade leumiek yang rasanya enak dan spesifik. Ade le leube yang bentuknya sangat kecil dengan ciri khas kuning dengan corak beragam ada yang digulung dan ada pula dijual tanpa di gulung, melebar seperti kue talam.