7 Kue Panci Lezat Yang Bisa Menjadi Pilihan Untuk Sajian Menjamu Tamu, Hemat Dan Enak!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Bingung jika ada tamu ingin berkunjung namun tidak ada hidangan yang pas untuk menjamu tamu? Yuk, kamu bisa buat kue panci yang cara membuatnya mudah dan biaya yang dikeluarkan juga terbilang sangat ekonomis!

Sudah tahu apa itu kue panci? Kue panci merupakan kue yang dimasak dengan menggunakan media panci. Ntah itu dikukus maupun direbus. Kue apa saja yang termasuk kue yang bisa dijadikan sebagai kue manjamu tamu? Berikut 7 kue panci lezat yang bisa kamu sajikan dirumah kala tamu datang.

1. Kue pelite

Kue pelite merupakan salah satu kue yang berasal dari daerah Bangka. Kue basah ini sama dengan kue tetu khas Sulawesi yang legit dan manis. Bahan yang digunakan cukup mudah hanya menggunakan tepung beras, garam, dan diberi isian gula merah. Kue pelite dikukus dengan menggunakan wadah rangkaian daun pandan.

2. Benjak-enjak

Kue panci yang satu ini berasal dari Lampung yang sangat mudah dibuat dan disajikan dengan secangkir kopi hangat. Benjak-enjak ini terbuat dari ketan yang dikukus, dicampur pisang raja dan gula merah cair, yang kemudian diremas-remas menjadi adonan lalu direbus kembali. Sebelum dikukus, benjak-enjak harus dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu.

3. Pisang rai

Masih dengan kue panci campuran pisang. Kali ini kue pisang rai ini berasal dari Bali yang dimasak dengan cara dicelupkan ke air yang rebus pada panci. Sebelum direbus biasanya pisang rai dilumuri dengan adonan yang terbuat dari tepung beras, air, garam, dan pandan. Setelah matang, pisang rai akan diberi taburan parutan kelapa lalu disiram dengan saus gula merah.

4. Kue cente manis

Kue ini berasal dari tanah Betawi, terbuat dari sagu mutiara, santan, tepung hunkwe, garam, gula dan vanili. Sebelum adonan disatukan menjadi kue panci nan legit, sagu mutiara direbus terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu rebus adonan lain yang kemudian dicampur dengan adonan sagu mutiara.

Dalam keadaan hangat, bungkus adonan cente manis dengan plastik khusus atau jika kalian ingin menaruhnya di cetakan juga tidak masalah. Lalu diamkan hingga dingin dan padat dengan sendirinya.

5. Kue gandus

Kue panci juga tidak harus selalu manis, seperti kue asal Palembang ini. Kue gandus namanya. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, garam dan santan yang dikukus dengan loyang ataupun cetakan. Usai matang, kue ini ditabur dengan ebi goreng, bawang goreng, irian daun seledri dan potongan cabai merah.

6. Pudak Gresik

Menggunakan ope (pelepah daun pinang) dan bisa juga dengan kelobot jagung sebagai pembungkusnya. Pudak gresik terbuat dari tepung beras atau tepung sagu, gula, daun pandan, dan vanila yang ditabur dengan rebusan santan. Setelah semua bahan sudah tercampur, pudak gresik dibungkus dan diikat dengan tali rafia yang kemudian direbus.

7. Kue lupis

Kue yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu. Si legit berbentuk segitiga ini terbuat dari beras ketan, garam, daun pandan dan kapur sirih lalu adonan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus di dalam panci. Setelah matang kue ini diberi parutan kelapa dan diguyur dengan gula merah.

Bagaimana? cukup mudah dan ekonomis bukan? daripada beli dan bingung harus sajikan apa. Lebih baik kamu buat sendiri saja, hemat biaya dan bisa dapat banyak!