Selain Digoreng, Ini 5 Olahan Menu Tempe yang Bisa Kamu Cicipi, Yuk Cobaiin!

Wisatakuliner.org, Indonesia – Olahan tempe tentu sudah tidak asing bagi kamu yang tinggal di Indonesia. Yup, menu satu ini bisa jadi yang paling mudah ditemui baik saat makan di rumah maupun makan di luar ‘kan? Tapi, bosan gak sih kalau tempe hanya diolah menjadi menu masakan yang itu-itu saja?

Nah kali ini, kamu bisa menyimak resep-resep olahan tempe yang gak biasanya. Gak cuma digoreng atau disayur aja kok. Berikut ini ada berbagai pilihan menu olahan tempe dari mulai yang sederhana sampai yang spesial dan bergaya masakan luar nih. Pensaran? Yuk, simak!

  1. Bakso Tempe

Biasanya bakso terbuat dari campuran daging dan tepung, namun kali ini kamu bisa membuat bakso dari tempe. Cara membuatnya dengan menyiapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica dan garam yang dihaluskan. Kukus tempe selama 15 – 20 menit, lalu haluskan dan campur dengan bumbu halus.

Setelahnya, tambahkan tepung tapioka dan beri tambahan air sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu masukan ke air yang mendidih. Jika bakso sudah mengapung, tandanya bakso tempe siap untuk disajikan.

  1. Steak Tempe

Steak yang berbahan dasar daging ayam atau daging sapi ternyata juga bisa diganti menggunakan bahan dasar tempe lho. Pastinya cocok banget nih buat kamu yang memang tidak mau makan daging atau vegetarian. Cara membuat menu ini sangat mudah yaitu kukus tempe hingga matang lalu dihaluskan.

Selanjutnya, campurkan tempe dengan tepung terigu dan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, lada dan garam. Campurkan hingga adonan kalis, setelah itu bentuk adonan menjadi bulat pipih dan siap digoreng. Kamu juga bisa mencelupkan adonan ke tepung panir terlebih dahulu sebelum digoreng agar rasanya lebih renyah.

  1. Pepes Tempe

Biasanya bahan dasar pepes adalah menggunakan ikan. Kali ini, kamu dapat menggantinya dengan tempe. Untuk membuatnya cukup sederhana. Siapkan daun pisang, tusuk gigi, tempe yang telah dihancurkan, dan bumbu halus. Bumbu halus untuk resep ini terdiri dari bawang merah, garam, bawang putih dan cabe rawit. Selain itu, siapkan juga potongan daun bawang, irisan tipis belimbing wuluh, dan irisan kemangi.

Pertama-tama campurkan tempe dan bumbu halus, lalu bungkus menggunakan daun pisang. Sebelum bungkusan ditutup, letakan potongan belimbing, daun bawang, dan irisan kemangi di atas tempe. Selanjutnya, tutup menggunakan tusuk gigi di kedua ujungnya. Kukus selama 20 menit, tiriskan sebentar, lalu bakar hingga daun pisang berwarna kecoklatan.

  1. Botok Tempe

Botok hampir serupa dengan pepes, yaitu sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, botok diolah tanpa melalui proses pembakaran. Bahan dasar botok juga berbeda karena botok biasanya dicampurkan dengan parutan kelapa dan biji lamtoro.

Nah kali ini kamu juga bisa membuat botok dengan bahan dasar tempe nih. Caranya, siapkan tempe yang telah dihancurkan hingga halus, biji lamtoro, parutan kelapa dan bumbu pelengkap. Bumbu pelengkap terdiri dari garam, gula merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan kencur.

Pertama-tama, campurkan tempe yang dihaluskan dengan biji lamtoro dan aneka bumbu. Bungkus menggunakan daun pisang, lalu tutup menggunakan tusuk gigi kemudian kukus selama 20 menit.

  1. Sate Tempe

Sebelum membuat tempe menjadi olahan sate ini, tempe harus dimasak dengan cara direbus bersama kunyit terlebih dahulu supaya mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Cara memasaknya yaitu siapkan tempe yang sudah dipotong dadu, bumbu kunyit, bawang merah dan bawang putih. Rebus tempe dengan bumbu-bumbu halus, lalu tambahkan sereh, salam dan cabai rawit. Rebus tempe selama 20 menit hingga warna tempe menjadi kuning. Tiriskan terlebih dahulu hingga dingin.

Selanjutnya, siapkan bumbu sate yang terdiri dari kacang goreng, garam, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit halus. Masak bumbu sate selama kurang lebih 10 menit. Tusuk tempe kemudian olesi dengan bumbu kacang, lalu bakar hingga berubah warna kecoklatan. Setelah itu, sajikan dengan dilumuri bumbu sate yang terbuat dari bahan dasar kacang tadi.

Nah gimana? Tergoda untuk menjajal salah satu resep olahan tempe di atas? Mumpung punya waktu luang, gak ada salahnya lho coba masak buat pasangan atau keluarga di rumah. Selamat mencoba, ya!