5 Kuliner Khas Maluku Yang Harus Kamu Coba, Dijamin Bikin Candu!

Wisatakuliner.org, Maluku – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan pulau dan wisata kulinernya. Salah satunya kota Maluku, wilayah ini pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah terbesar pada masa kolonial. Banyak disinggahi saudagar dagang dari berbagai negara, Maluku pun menyimpan berbagai kekayaan yang tak biasa. Salah satunya bumbu masak yang diturunkan hingga saat ini.

Inilah salah satu alasan mengapa Maluku dibilang sebagai kota yang kaya akan kuliner. Bila kamu jalan-jalan ke kota ini tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner, selain banyak makanan yang dapat kamu coba rasa dari makanan tersebut juga bikin candu loh! Apa saja makanan khas Maluku yang bisa kamu coba?

1. Lat

Lat merupakan salah satu lalapan orang Maluku. Tak seperti di Sunda, lalapan ini terbuat dari bahan yang tidak biasa yaitu rumput laut. Lat tergolong unik karena rumput ini tidak dimasak ataupun di rebus. Jadi dapat dikatakan lat ini dimakan secara mentah-mentah. Eits, jangan jijik dulu ya guys. Rasa asin yang berasal dari garam laut sudah hilang. Ketika lalapan ini dimasukkan ke dalam mulut maka akan menimbulkan efek kejut. Sebab, bakal meledak-ledak seperti kamu makan balon. Unik kan?

2. Ikan kuah kuning

Masakan ini sebenarnya bukan hanya milik orang Maluku, tapi juga masyarakat timur Indonesia timur lainnya. Namun Yang menjadi khas dari masakan kuah kuning ini adalah ikan yang digunakan adalah ikan baronang atau kakap merah yang banyak hidup di perairan Molucas. Ikan kuah kuning khas Maluku dengan dagingnya yang gurih dan bumbunya yang mlekoh terasa sangat pas.

3. Embal

Embal terlihat seperti pisang goreng biasa. Namun yang membedakan adalah tepungnya. Tepung embal terbuat dari singkong yang beracun. Sebelum memasak, racun yang terkandung di dalam singkong lebih dulu dikeluarkan. Caranya, singkong diparut lalu diperas. Rasa tepung embal dan pisang sangat unik. Tak manis malah cenderung gurih. Wajib kamu coba kalau sedang ke Maluku ya.

4. Papeda

Papeda bukan hanya ada di Papua. Masyarakat Maluku juga mengkonsumsi papeda yang terbuat dari sagu. Papeda biasa dimakan dengan kuah ikan kuning. Fungsi dari papeda sama seperti nasi. Setelah dimakan maka akan terasa kenyang. Buat yang pertama kali nyobain makanan ini jangan kaget. Sebab, papeda bertekstur kenyal seperti lem. Rasanya unik dan buat candu.

5. Kasbi

Kasbi merupakan roti tawar bagi masyarakat Maluku. Bentuknya kotak dan putih tapi tekstur keras. Kasbi terbuat dari singkong atau tepung embal. Sama seperti papeda, kasbi juga dimakan dengan menggunakan ikan kuah kuning. Rasanya memang tawar, tetapi enak jika dipadukan dengan makanan berempah khas Maluku lainnya. Dapat dikatakan menjadi salah satu menu sehat.

Wihhh, jadi bikin laper ya. Yuk ke Maluku dan cobain semua makanan ini!